ANAK SD JUARAI KONTES ROBOT INTERNATIONAL

Mer, Sby - Satu lagi anak Indonesia berhasil mencetak prestasi yang sangat membanggakan di kontes Robotika Internasional. Axel Dawne Yunianto Aribowo, siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya, berhasil menyabet gelar The Best Robot Design di kontes Singapore Robotic Games 2011. M Robot itulah hasil karya Axel bersama 2 rekan se-timnya, yang berhasil menyisihkan robot-robot buatan murid-murid sekolah dasar dari 15 negara asia yang menjadi peserta kontes.

Axel menjelaskan, M Robot buatannya di konsep sebagai robot pembawa barang dan bisa berjalan berdasarkan lintasan yang dibuat sesuai keinginan manusia. Robot ini dikendalikan lewat remote control. "Robot ini mengambil kaleng sebanyak-banyaknya dalam waktu empat menit. Menggunakan power supply dan sensor", terang anak jenius tersebut, Jumat (4/02).

Hebatnya lagi robot ini tidak sekedar bisa memindahkan barang, tapi bisa juga memindahkan barang dengan cepat. Inilah yang membuat tim juri memberikan nilai tertinggi diantara peserta lainnya. Prestasi Axel Dawne menambah deretan panjang anak-anak Indonesia yang berprestasi di kontes Robotika Internasional.

Di tahun 2009, Tim Robot Indonesia bisa menyabet peringkat ke 2 dan ketiga di Olimpiade Robot dunia di Korea Selatan untuk kategori tingkat SMP yang diikuti 25 negara. Sedangkan prestasi Axel adalah gelar kedua bagi SD Muhammadiyah 4 Surabaya di kontes Robot tingkat internasional.

Deretan prestasi anak-anak Indonesia di kontes Robotika Internasional menjadi harapan kalau bangsa Indonesia bisa meraih tehnologi. Kepala SD Muhammadiyah 4 Surabaya Solihin Fanani mengatakan, pendidikan menjadi penghasil teknologi-teknologi canggih. Anank-anak ke depan bisa menjadikan bangsa kita menjadi maju minimal memenuhi kebutuhan teknologi dalam negeri. (alam kusuma)

Add comment


Security code
Refresh

Who's Online

We have 34 guests online

Join with Us

Klik icon di atas untuk bergabung dengan Facebook kami