PENYEBARAN DOKTER SPESIALIS DI JATIM TIDAK MERATA

October 4, 2017

 

Sby, MercuryFM - Kurang meratanya penyebaran dokter spesialis di jatim dikeluhkan dalam Seminar Perhimpunan rumah Sakit Seluruh Indonesia di Surabaya.

 

Sejumlah pengelola rumah sakit/ mengeluhkan kalau keberadaan dokter spesialis banyak berkumpul disejumlah kota Besar. seperti Surabaya, Sidoarjo Malang Gresik dan Jember. Sedangkan dibeberapa daerah terutama kawasan terpencil keberadaan mereka tidak ada.

 

Menyikapi kondisi itu Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jatim Kohar Hari santoso mengatakan, pihaknya sedang menjalin jejaring dengan pusat pendidikan kedokteran dan organisasi profesi. Dengan begitu dokter yang akan lulus menjadi dokter spesialis, akan ditempatkan di daerah yang membutuhkan, tapi tetap harus ada pengawasan dari para seniornya yang sudah menjadi dokter spesialis. Atau dari organisasi profesi yang melakukan supervisi sekaligus memberikan pelayanan.

 

Kohar Hari Santoso mengatakan, pemerintah pusat sebenarnya sudah melakukan dropping akan dokter spesialis melalui program wajib kerja dokter spesialis, tapi baru sebatas pada daerah terpencil, dan kawasan perbatasan, jadi belum merata disemua daerah.

 

Untuk mendorong pemeratan dokter spesialis selain melalui program wajib kerja dokter spesialis, yaitu dengan program Nusantara Sehat oleh kementrian kesehatan. Tapi kata Kohar Hari Santoso program itu perlu alokasi dana yang tidak sedikit, karena butuh akomodasi dan biaya hidup para dokter spesialis, jadi perlu peran serta dari daerah juga. (Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group