• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PEMKOT SURABAYA MINTA PETUNJUK POLRESTABES TERKAIT PELAYANAN PERTANAHAN

October 5, 2017

 

 

Sby,MercuryFM - Masyarakat Kota Surabaya tidak perlu khawatir soal pelayanan pertanahan. Terutama masyarakat di Kelurahan Medokan Ayu. Sebab  Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen untuk melayani masyarakat.

 

Tapi Pemkot Surabaya juga ingin memastikan tidak ada masalah dengan berkas administrasi pertanahannya.  

 

Asisten I Sekkota Surabaya Yayuk Eko Agustin mengatakan pemkot Surabaya ingin memberikan pelayanan terbaik. Tapi ternyata administrasi pertanahan nya masih harus dicek lagi, karena ada yang asli dan foto copy. 

 

Yayuk kembali mengatakan kejanggalan itu diketahui ketika ada warga yang melakukan kepengurusan surat riwayat tanah. Dari situ, Lurah Medokan Ayu menemukan data surat tanah yang diajukan oleh warga, tidak terdaftar di buku milik kelurahan dan juga data asli kepemilikan hak atas tanah warga. Yang tercatat di buku Kelurahan Medokan Ayu. Ternyata, ada buku salinan hak atas tanah warga dalam bentuk copy yang tidak sama antara satu dengan lainnya.

 

Kasus ini sudah dilaporkan Pemkot Surabaya kepada Polrestabes Surabaya. 

 

Menurut Yayuk, pelaporan ke Polrestabes tersebut untuk meminta bantuan petunjuk dan jalan keluar terkait pelayanan pertanahan di Kelurahan Medokan Ayu. Sebab, adanya administrasi rumit membuat pihak kelurahan yang memiliki tugas terkait administrasi pertanahan, tidak serta merta bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena berpotensi muncul unsur pidana.  

 

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Eddy Chrisjanto menambahkan, Pemkot meminta kepolisian untuk mengurai mana yang clear dan mana yang masih harus diurai. Hal ini disebabkan adanya perbedaan data dimasing-masing buku. Dirinya masyarakat akan terlayani dan lurah juga aman dalam bekerja.

 

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Pemkot Surabaya Sigit Sugiharsono menjelaskan, permasalahan perizinan pertanahan di Kelurahan Medokan Ayu memang rawan permasalahan. Kata Sigit pihaknya sudah menindaklanjuti perintah dari Wali Kota Surabaya untuk melakukan pemeriksaan di lokasi.(adv)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags