BPOM Surabaya Akan Semakin Giat Melakukan dan Memberi Edukasi Bahaya Obat Terlarang di Lingkungan Se


Sby, MercuryFM - Terkait maraknya penyalahgunaan gunakan obat terlarang di kalangan masyarakat, membuat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kota Surabaya akan melakukan edukasi bahaya obat terlarang di lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilakukan karena melihat kasus penyalahgunaan obat terlarang sangat marak dan sering dilakukan di lingkungan anak-anak sekolah.

Kepala BPOM Surabaya - Hardiningsih mengatakan, pihaknya sudah menggelar forum penanggulangan bahaya pemakaian obat terlarang dengan Komisi E DPRD Kota Surabaya, beberapa waktu lalu. Dan dari forum ini disepakati kalau Diknas akan mengumpulkan siswa dan guru serta Disbudpar yang juga akan mengumpulkan para pemuda.

Bentuk edukasinya, kata dia, dilakukan bersama-sama antara Dinas Kesehatan, Balai POM dan BNN. "Kami akan paparkan bahaya penggunaan obat terlarang dari sisi kesehatan, kerugian materi dan sebagainya. Kami juga didukung oleh Wagub Jatim yang akan mengumpulkan 1.000 orang untuk diberi sosialisasi bahaya penggunaan obat terlarang," kata Hardiningsih, Selasa (10/10/2017).

Hardiningsih menjelaskan terkait obat PCC yang belakangan di indikasikan banyak beredar di masyarakat, pihaknya mengakui tidak menemukan kasus di kalangan pelajar. Tapi ada yang sempat melaporkan ke BPOM saat melakukan razia menemukan anak yang membawa pil tapi bukan jenis PCC. "Anak itu dilaporkan bawa 4 butir pil yang hampir mirip dengan PCC. Alasannya untuk meningkatkanrasa percaya diri. Dia mengaku beli lewat online kemudian ketemu dengan penjualnya di sebuah tempat. Saat ditangkap anak itu terlihat gugup dan ketakutan," ujarnya. Ditambahakan Hardiningsih tidak hanya edukasi di kalangan pelajar, BPOM juga akan mempunyai program untuk mengumpulkan masyarakat di sebuah kecamatan. "Mereka kami beri arahan tentang bahaya obat terlarang termasuk bahaya penggunaan kosmetik ilegal," pungkasnya.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group