• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

SURABAYA MASUK NOMINASI ASEAN CLEAN TOURIS CITY

October 13, 2017

 

Sby, MercuryFM - Masuk nominasi ASEAN Clean Tourist City/ Kota Surabaya mendapatkan apresiasi positif dari tim penilai standar kota wisata bersih ASEAN (ASEAN Clean Tourist City). Tim penilai dari Kementerian Pariwisata yang berjumlah empat orang, datang ke Surabaya melakukan kunjungan lapangan untuk penjurian kota wisata bersih ASEAN// Mereka diterima Sekkota Surabaya, Hendro Gunawan dan beberapa dinas terkait di ruang sidang Sekda, Balai Kota Surabaya, Jumat (13/10).

 

Sebelumnya, tim dari kementerian pariwisata sudah melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Surabaya. Diantaranya ke taman flora, kampung lawas serta kawasan jembatan merah dan beberapa spot pedestrian. 

 

Surabaya menjadi satu dari tujuh kota di Indonesia yang masuk dalam nominasi ASEAN Clean Tourist City. Nantinya, dari tujuh kota tersebut akan dipilih satu kota mewakili Indonesia untuk dilombakan ke tingkat ASEAN.

 

“Dari hasil pengamatan kami dan juga paparan yang ditayangkan (Pemkot) tadi, Surabaya ini sudah on the right track,” jelas ketua tim penilai lapangan, Mira Puspasari Gunawan dari konsultan Kementerian Pariwisata.

 

Mira menegaskan, dari beberapa kota yang telah mengirimkan dokumen, ada tujuh kota dinilai memenuhi syarat. Menurutnya, tim penilai selain fokus pada kawasan wisata di masing-masing kota, juga akan melihat kebersihan kota secara paripurna.

 

“Kami coba melihat kebersihan yang paripurna. Bukan hanya yang terlihat seperti tidak ada sampah. Tapi kami juga memperhatikan sampah suara, penciuman. Jadi, selain enak dilihat, juga didengar, dicium dan cita rasa yang sehat,” begitu kata MIra.

 

Khusus untuk Surabaya, meski dinilai sudah on the right track, Tapi ada nilai lebihnya misalnya jalan-jalan utama yang sudah asri dengan banyak pohon serta jalur pedestrian yang rapi. Namun Mira juga memberikan beberapa catatan, agar agar poin yang sudah baik bisa lebih disempurnakan. 

 

Sementara it Taman Flora menjadi tempat yang menarik minat Fitriani satu diantara tim juri. "Saya sudah 2 hari di Surabaya dan sudah megunjungi beberapa lokasi, seperti kampung lawas Maspati,kawasan jembatan merah, pedestrian dan taman kota. Tapi yang paling menarikinat saya adalah taman Flora, karena banyak aktifitas masyarakat disana, meski ada paving block yang butuh perawatan" ujar Fitriani

 

Dalam kesempatan itu Sekkota Surabaya Hendro Gunawan yang didampingi Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Chalid Buchari mengatakan sejumlah potensi dan apa saja yang sudah dilakukan Pemkot Surabaya untuk memajukan pariwisata serta pengembangan industri kreatif di Kota Pahlawan.

 

Hendro menjelaskan, usaha pariwisata di Surabaya meliputi antara lain usaha jasa perjalanan wisata, usah ajasa makanan dan minuman, usaha penyediaan akomodasi, usaha penyelenggaraan kegiatan dan rekreasi. 

 

Kota Surabaya menjadi nominasi bersama Semarang, Malang, Solo, Bandung, Buleleng, dan Banyuwangi, yang kemudian akan dipilih satu kota mewakili Indonesia untuk dilombakan ke tingkat ASEAN.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive