• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

E-Kios Bantu Masyarakat Percepat Kepemilikian Akte Lahir dan Akte Kematian

October 16, 2017

Sby, MercuryFM - Pelayanan administrasi terhadap warga Surabaya kian mudah. Sebab, pemkot kini tak hanya memberlakukan pengurusan berkas secara online hingga diantar ke rumah. Ada juga paket pengurusan yang dapat meringkas tahap birokrasi.

 

Sejak 1 April, resmi berlaku paket hemat alias pahe. Program tersebut sekaligus melayani pengurusan akta dan kartu keluarga (KK). Memang, selama ini, pengurusan akta dan KK sering dilakukan secara terpisah. Kini, saat mengurus akta, pemohon bisa langsung mendapatkan KK baru. KK baru itu dilengkapi dengan tambahan anggota keluarga untuk pengajuan akta kelahiran atau penghapusan anggota keluarga untuk pengurusan akta kematian.

 

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan dengan sudah adanya E-Kios Dimana kepengurusan akte lahir bisa dilakukan secara online, diharapkan bisa membuat masyarakat semakin senang dan menjadi tertib untuk bisa mendapatkan data diri.

 

"Jadi Pemerintah Kota Surabaya sudah memfasilitasi pendataan diri bagi masyarakat melalu E-Kios. Dimana di dalamnya sudah terdapat E-Lampid (lahir, mati, pindah, datang). Masyarakat juga bisa mengakses E-Lampid langsung lewat HP Android, untuk bisa secara langsung mengurus data diri yang dibutuhkan," jelas Suharto Wardoyo, Senin (16/10/2017).

 

Suharto Wardoyo memaparkan dengan sudah ada E-Kios ini diharapkan masyarakat bisa mengaksesnya sendiri, dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan akte kelahiran maupun akte kematian untuk keluarga.

 

"Kami berharap dengan terobosan inovasi seperti ini, masyarakat warga kota Surabaya khususnya semakin terbantu, dan merasa dimudahkan bisa mengaksesnya sendiri. Dan yang paling penting masyarakat warga kota Surabaya menjadi lebih tertib untuk mendapatkan data diri,"  pungkas Suharto.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive