• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Penggunaan uang elektronik di Tol sudah Mencapai 85 Persen

October 20, 2017

Sby,MercuryFM - Dengan sudah mulai diberlakukannya uang elektronik, Bank Indonesia (BI) sudah mencatat realisasi penggunaan uang elektronik di pintu tol mencapai 85 persen di tingkat nasional.

"Data terakhir 17 Oktober sudah 85 persen secara nasional," kata Direktur Eksekutif dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Enny Panggabean seperti yang dikutip dalam keterangan persnya Jumat (20/10/2017)

Enny menjelaskan untuk diketahui saat ini total ada 5 juta kendaraan yang melalui tol di Indonesia. BI mencatat untuk pengguna tol di kawasan Jabodetabek mencapai 90 persen, Pulau Jawa non Jakarta 75 persen dan di luar pulau Jawa 73 persen. "Progresnya sudah baik (realisasi penggunaan e-money di tol)," jelasnya.

Sejauh ini, untuk mendongkrak penggunaan uang plastik sampai 100 persen pihaknya telah melakukan tiga hal, yakni kampenye mengenai gerakan nasional non tunai, edukasi keuangan dan sosialisasi program tersebut.

Selain itu, mengenai infrastruktur untuk menunjang 100 persen penggunaan e-money di seluruh ruas jalan tol,harus dipersiapkan. Menurutnya, jangan sampai ada masalah yang menghambat, seperti kerusakan mesin e-money di ruas tol. "Kalau ada masalah cepat hubungi call center," ujarnya.

Pejabat Bank Indonesia ini menuturkan pemerintah melalui Badan Pengelola Jalan Tol bersama lima bank bekerja sama untuk mendistribusikan 1,5 juta e-money gratis. "Ada kontribusi bank dan BPJT melalui sharing untuk menggratiskan kartu e-money, namun tetap membayar isi saldonya," pungkasnya.(Dani) 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive