PMK Terbit, Tarif Cukai Rokok Dipastikan Naik

October 23, 2017

 

 

 

Sby, MercuryFM - Harga rokok dipastikan bakal kembali naik. Ini setelah usulan kenaikan cukai rokok sebesar 10 persen telah disetujui pemerintah. Saat ini bandrol rokok memang belum mengalami perubahan, tapi bisa dipastikan, setelah peraturan menteri keuangan (PMK) diterbitkan, emiten rokok akan menyesuaikan.

 

Para pelaku industri rokok berpendapat, kenaikan tarif cukai rokok akan memberatkan kinerja perusahaan. Hal itu tercermin jelas dari volume penjualan rokok yang terus menukik.

Sepanjang semester I-2017, total volume penjualan rokok di Indonesia mencapai 146,6 miliar batang, turun hampir 9 persen dibanding dengan penjualan di periode sama tahun sebelumnya, 160,8 miliar.

Ketua Departemen Media Center Asosiasi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI), Hananto Wibisono mengatakan, tarif cukai rokok yang selalu naik tidak berimbas pada prevalensi rokok yang mengalami kemerosotan. Sebaliknya, akibat cukai naik, pasti membuat harga rokok semakin mahal, kata Hananto Wibisono, Senin (23/10/2017).

 

Hananto menilai, daya beli masyarakat yang rendah tidak secara otomatis membuat perokok memutuskan berhenti. Sebaliknya, konsumen bakal mencari produk rokok yang lebih murah, bahkan rokok yang tidak bercukai. Jika hal itu yang terjadi, justru negara tidak memperoleh pemasukan dari cukai.

 

Sementara Riska Afriani, Analis OSO Sekuritas menambahkan imbas negatif dari kenaikan tarif tidak terlalu signifikan. “Kalau naiknya harga tidak begitu besar, pola konsumsi perokok tidak akan terganggu. Ini tak akan memengaruhi perusahaan rokok karena mereka punya banyak strategi untuk bertahan,” ujarnya.

 

Menurut Riska, salah satu cara emiten rokok untuk mempertahankan volume penjualannya dengan mengeluarkan produk baru.

 

Cara lainnya, bisa jadi memilih untuk tetap mempertahankan harga, atau tidak terlalu tinggi menaikkan harga untuk menjaga target pasarnya. “Sejauh emiten punya strategi untuk mempertahankan marginnya, imbasnya sangat kecil,” kata Riska.(Dani) 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group