PENGUSAHA JASA BOGA WAJIB BERSERTIFIKASI

October 25, 2017

 

Sby, MercuryFM - Pemerintah Propinsi Jawa Timur mendukung para pengusaha jasa boga untuk melakukan sertifikasi terhadap produknya, mengacu pada Peraturan Menteri pariwisata dan usaha ekonomi kreatif nomor 18 tahun 2014 tentang standart usaha jasa boga." Pengusaha jasa Boga wajib melakukan sertifikasi usahanya, karena dengan sertifikasi akan dapat jaminan soal produk, pengelolaan dan pelayanan terhadap pelanggan" Ujar Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Rakernas Aliansi Perusahaan Jasa Boga Indonesia.

 

Pada Tahun 2016 Pemporv Jatim sudah menetapkan 5 lembaga sertifikasi untuk bidang usaha Pariwisata. 4 diantaranya khusus untuk bidang jasa boga, tapi tidak satupun yang berkedudukan di Jatim. Karena itu pemprov Jatim mendorong para pegiat usaha pariwisata untuk mendirikan lembaga sertifikasi khusus jasa boga di Jatim.

 

Gus Ipul begitu sapaan akrab pria yang 2 periode menjabat wakil Gubernur Jatim itu kembali mengatakan, kebutuhan kuliner dipasar lokal sangat besar, ditengah tumbuhnya industri pariwisata. 

 

Gus Ipul memaparkan kalau kunjungan wisatawan manca negara ke Jatim pada tahun 2016 meningkat 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ditahun 2016 jumlah kunjungan wisman ke Jatim, sebanyak lebih dari 618 ribu wisatawan. Sedangkan di tahun 2015, hanya dikisaran 612 ribu orang. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan domestik meningkat sebanyak 6%, menjadi 54 juta orang lebih dari sekitar 51 juta orang.

 

Industri pariwisata berkontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ditahun 2016 sebesar lebih dari Rp 106 Triliun. Dengan tumbuhnya industri pariwisata itu menjadikan peluang yang besar bagi bisnis yang mengikutinya seperti akomodasi dan transportasi, termasuk kebutuhan kuliner.

 

Gus Ipul menegaskan,kuliner Jatim jangan sampai kalah dengan maraknya kuliner manca negara, seperti vietnam, Thailand, dan Malaysia yang sekarang sudah banyak ditemukan. Kuliner jawa Timur harus jadi tuan rumah dinegerinya sendiri. (Alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group