PEMULANGAN PMKS DARI SURABAYA KE DAERAH ASAL DITOLAK

October 26, 2017

Sby, MercuryFM -Tugas merehabilitasi sosial para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti gelandangan, pengemis, eks psikotik dan lansia terlantar hingga anak jalanan, hingga memulangkan mereka ke daerah asalnya, bukanlah pekerjaan mudah. Tetapi, dibutuhkan tekad kuat untuk bisa melaksanakan tugas tersebut.

Kasi Rehabilitasi Anak dan Tuna Sosial Dinas Sosial Kota Surabaya, Sunarko mengatakan, pemulangan PMKS pernah ditolak oleh pemerintah daerah asal, seperti di Semarang. Kata Sunarko alasanya, mereka tidak siap dengan anggaran akomodasi untuk pemulangan. "Mungkin koordinasi kita yang mendadak, sementara perintah dari Bu Wali untuk segera dilakukan pemulangan karena kapasitas sudah overload, tapi untuk pemulangan tahap 2 mereka bisa menerima setelah dilakukan komunikasi secara intensif" ujar Sunarko

Diakui oleh Sunarko kalau penghuni liponsos sekarang bertambah seiring dengan giatnya operasi yang dilakukan. Mereka yang terjaring operasi kebanyakan berasal dari luar kota Surabaya, bahkan diantaranya berasql dari Kalimantan. Ada pula yang diketahui sebagai penderita psikotik masuk ke Surabaya setelah berjalan dari Jakarta.
"Kapasitas liponsos maksimal 1500 pasien, sekarang dihuni sekitar 1600 orang" kata  Sunarko. "Sehingga Bu Wali minta mereka yang sudah bisa diterima masyarakat segera dipulangkan" ujar Sunarko.

Pemulangan gepeng eks psikotik penghuni liponsos oleh dinas sosial pada dua bulan berjumlah 83 orang, selanjutnya 81 orqng dipulangkan. Kata Sunarko Pemulangan itu waktu dan jumlahnya tergantung kondisi kesehatan penghuninya.

Menurut Sunarko, selama mereka berada di liponsos, selain memenuhi kebutuhan dasar, pemkot juga melakukan pemeriksaan kesehatan, pembinaan mental spiritual hingga kegiatan pemberdayaan ekonomi bagi penghuni dengan memberikan keterampilan dan praktek langsung menghasilkan handycraft. “Produk yang dihasilkan kemudian dipamerkan dan dipasarkan,” sambung Sunarko. (mer)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group