Pentingnya Bahasa Sebagai Identitas Suatu Daerah


Sby, MercuryFM - Bulan Oktober merupakan Bulan Bahasa Indonesia dan tahun ini Bahasa Indonesia sudah berusia 85 tahun. Usia tersebut mulai dihitung sejak tahun 1928, tepatnya pada Hari Sumpah Pemuda. Dan Bahasa merupakan identitas yang menjadi magnet atau daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi suatu daerah atau negara.

Wakil Ketua PHRI Jatim Dwi Cahyono mengatakan, bahasa itu masuk dalam karakteristik uniktivitas yang perlu diketahui wisatawan selain pakaian dan adat istiadat suatu daerah.

"Di Jatim misalnya, ada budaya arek, pandalungan, mataraman. Sama-sama bahasa Indonesia tapi logatnya unik. Ini yang sangat menarik wajib diketahui karena menjadi salah satu yang menarik wisatawan," kata Dwi Cahyono, Kamis (26/10/2017).

Dwi menjelaskan tidak hanya wisatawan yang juga banyak berburu cinderamata bertuliskan bahasa daerah seperti kaos dan lainnya. "Banyak wisatawan yang senang memajang cinderamata dengan tulisan bahasa Jawa kuno meskipun mereka tidak tahu aslinya," jelasnya. Selama ini, kita (orang Indonesia) kurang yakni akan penggunaan bahasa daerah dan lebih memilih bahasa Inggris untuk menarik wisatawan. "Ini karena kita dan pemerintah kurang mengenal betul tentang bahasa daerah atau bahasa Indonesia," pungkas Dwi.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group