Pentingnya Vaksin Sebelum Ke Luar Negeri

October 26, 2017

 

 

 

Sby, MercuryFM - Melakukan vaksin sebelum berpergian ke Luar Negeri sangatlah penting, terutama bagi sahabat yang ingin melakukan ibadah Haji dan Umrah. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya adalah salah satu tempat yang menyediakan pelayanan untuk melakukan suntik vaksin. Kantor Pelabuhan Kelas I Surabaya sebagai unit pelaksana teknis dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang ada di lingkungan pelabuhan, bertanggung jawab kepada direktur jendral pencegah dan pengendalian penyakit yang memiliki tugas pokok utama untuk mencegah keluar masuknya penyakit melalui pintu masuk negara, melalui pintu pelabuhan.

Selain vaksin meningitis, Kantor Pelabuhan Kelas 1 juga melakukan vaksin yang diwajibkan oleh WHO, yaitu vaksin vaksin yellow fever (vaksin demam kuning) terkait dengan warga negara yang ingin melakukan perjananan ke Amerika Selatan dan Afrika.

 

 


"Untuk bepergian tiap negara vaksinnya berbeda," jelas Kabid Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah Dr. M Zainul Muchorobin. Mmrs, Kamis (26/10/17) kepada 96 FM Mercury.

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi saat ingin melakukan vaksinasi, yaitu mengajukan surat permohonan secara tertulis yang berisi Identitas serta melampirkan fotokopi Passport. Setelah memberikan surat permohonan, barulah pihak Kantor Kesehatan Kelas I Surabaya akan memberikan formulir. Setelah melakukan proses registrasi, selanjutnya harus melakukan pembayaran menggunakan sistim Billing PNBP atau biasa disebut sistim SIMPONI (Sistim PNPB Online) yang terintegrasi dengan kementrian keuangan. Setelah melakukan pembayaran, kita akan mendapat kode billing dan dapat membayar secara tunai melalui kantor pos, ATM, Teler Bank atau bisa langsung ke Kantor Pelabuhan Kelas I Surabaya.

"Setelah melakukan pebayaran, barulah kita akan diberikan pelayanan vaksinasi. Mulai dari pemeriksaan dari sampai pemberian vaksinasi. Setelah melakukan vaksinasi. yang bersngkutan menunggu 10menit barulah sertifikat ICV akan diberikan atau yang dikenal dengan istilah buku kuning," tambah Zainul.

Zainul menghimbau agar warga negara melakukan vaksin sebelum berpergian keluar negeri dan melakukan konsul saat melakukan vaksinasi untuk mengurangi resiko terjangkit penyakit, serta jangan sampai tertipu oleh pihak - pihak yang memberikan sertifikat palsu. Jika sahabat ingin mengetahui lebih lanjut tentang vaksinasi, sahabat bisa langsung menghubungi nomor Kantor Pelabuhan Kelas I Surabaya di nomor telpon 0313293901 dari pukul 08.00 - 15.00. (bintang)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group