Saatnya Ritel Modern Juga Merambah E Commerce

October 26, 2017

 

Sby,MercuryFM - Kabar yang santer terdengar akhir-akhir ini, industri ritel tanah air sedang menghadapi persoalan. Ini karena, satu per satu pemain ritel di tanah air mulai gulung tikar. Sebut saja ada 7-Eleven dan Matahari di Pasaraya, kini giliran Lotus Department Store tutup gerai. Bahkan, akhir tahun ini Debenhams juga akan tutup gerai. Menyikapi kondisi ini, apa bisa disebut industri ritel tanah air sedang lesu?

 Wakil Ketua Bidang Supermarket, Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) Jatim
yang juga sekaligus Owner Bilka Swalayan, Donny Kurniawan mengakui memang saat ini industri usaha ritel modern tengah mengalami banyak tantangan dan kesulitan. Tapi bukan berarti tantangan dan kesulitan ini tidak bisa dilewati. "Jangan dianggap tantangan dan kesulitan ini tidak bisa kita overcome, karena kita pasti akan mempunyai upaya strategis yang dilakukan untuk bisa bertahan," kata Donny Kurniawan saat dihubungi Radio 96FM Mercury, Kamis (26/10/2017).

Dijelaskan Donny di era digitalisasi seperti saat ini memang mau tidak mau seluruh aspek kehidupan harus mengikuti perubahan ini, tidak terkecuali dunia usaha dan industri ritel. Sudah terjadi pergeseran pola konsumsi dalam masyarakat, dan ini yang memang harus diantasipasi sebelumnya oleh dunia usaha seperti industri ritel modern sekalipun.

"Dulu masyarakat belanja, datang ke toko, melihat dan memilih sendiri barang yang diinginkan, nah saat ini hanya dengan membuka HP saja semua barang kebutuhan sudah bisa dibeli. Untuk itu apabila toko offline seperti kita ini kalau tidak mampu bersaing, akhirnya tutup dan gulung tikar. Untuk itu sudah saatnya toko offline mulai saat ini harus balance, antara offline dan online pun juga harus dihidupkan," Jelas Donny.

Sementara itu, untuk bisa melewati tantangan maraknya E Commerce yang saat ini sedang naik daun dikalangan masyarakat, Donny memaparkan untuk Swalayan Bilka miliknya juga sedang berbenah untuk aktif menghidupkan layanan online dan memenuhi kebutuhan masyarakat. "Saat ini kami juga sudah menjalin kerjasama dengan Gojek, GoMart, dan juga TokoPedia. Kami sudah maping konsumer yang loyal dan yang memang sangat menikmati era digital sperti saat ini, dimana belanja dan butuh apapun bisa terjangkau dengan layanan online dari swalaya seperti Bilka ini," paparnya.

Kedepan Donny berharap untuk ritel modern harus bisa bekerjasama dengan online shop agar bisa tercipta, dan saling bersinergi dalam memacu pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.(Nila / Dani)


 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive