• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Sumpah Pemuda Ajarkan Pluralisme

October 28, 2017

 

Sby, MercuryFM - 28 Oktober hari ini merupakan "penanda sebuah perjalanan panjang lahirnya kesadaran kritsi para pemuda dalam menjunjung kepentingan bersama sebagai sebuah bangsa yang majemuk ditengah upaya pemerintah kolonial Belanda kala itu yang melakukan devide et impera. Pemuda bangsa ini, 89 tahun lalu menemukan kesadaran akan pentingnya berhimpun dalam satu bangsa, satu nusa, dan satu bahasa, yang bernama Indonesia.

Setelah 72 tahun Indonesia merdeka, sebuah bangsa yang terdiri dari 1.340 suku bangsa, sekitar 300 kelompok etnis yang memiliki sedikitnya 1.211 bahasa dan tersebar di 16.056 pulau, telah menjelma menjadi sebuah negara demokrasi yang besar dengan GDP 932 miliar dollar AS dan pendapatan per kapita sebesar 3.605 dollar AS. Berbagai lembaga riset internasional memproyeksikan Indonesia akan masuk ke dalam 7 (tujuh) besar ekonomi dunia di tahun 2030, melampaui Jerman dan Inggris.

Gagasan besar yang digelorakan dalam Sumpah Pemuda 1928 mengajarkan bahwa tanpa nilai pluralisme dan toleransi yang tinggi, maka mustahil bangunan Indonesia dapat berdiri kokoh hingga lebih dari 72 tahun. Para Founding Fathers Indonesia sangat menyadari hal ini. Sebab itu, semboyan " Bhinneka Tunggal Ika" diangkat untuk merekatkan nilai-nilai kebangsaan Indonesia. (mer)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us