• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PARADE JUANG CIPTAKAN SUASANA PERANG SURABAYA

November 5, 2017

 

Sby, MercuryFM - Parade Juang yang menjadi rangkaian peringatan Hari Pahlawan berlangsung meriah. Parade diawali dari Tugu Pahlawan jam 08.00 yang menampilkan aksi teaterikal Sumpah Pregolan (sumpah merdeka atoe mati). Aksi teatherikal dilanjutkan ke kawasan Siola Jl.Tunjungan yang menampilkan perang TKR laut. Kemudian aksi perobekan bendera di Hotel Majapahit, yang dilanjutkan dengan pembacaan puisi"Surabaya " karya Gus Mus. Parade Surabaya Juang  menempuh rute sejauh 6,5 kilometer mulai start Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul.  Dengan peserta 350 orang dari 28 komunitas. Yang diantaranya komunitas pecinta sejarah, dan juga komunitas masyarakat dari Sulawesi dan Kalimantan. Mereka mengenakan kostum ala pejuang lenkap dengan atribut senjata, seperti senapan laras panjang berbagai jenis dan bambu runcing. Parade ini juga melibatkan sejumlah kendaraan taktis (rantis) alutsista TNI milik Korem 082/Bhaskara Jaya, yang keberadaanya menghibur warga kota yang sudah menunggu sejak pagi di pinggir jalan.

 

Turut  dalam parade itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang sempat menyempatkan diri menjadi komandan kendaraan (rantis) dengan menaiki kendaraan perang itu, kemudian Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan, Kapolrestabes Surabaya M. Iqbal, Polrestabes Tanjung Perak, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, elemen masyarakat seperti Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), PNS Pemkot Surabaya, komunitas seni dan mahasiswa/pelajar

"Sebenarnya rangkaian acara ini sudah dimulai sejak bulan September dan berlanjut ke bulan November," ujar Risma sebelum memberangkatkan peserta parade di Tugu Pahlawan.
“Oleh karenanya, anak muda harus belajar lebih keras agar bisa mempertahankan kemerdekaan itu,” tambah wali kota perempuan pertama di Surabaya itu. (alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags