INDUSTRI MAKANANAN DORONG PERTUMBUHAN EKONOMI JATIM


Sby, MercuryFM - Ekonomi Jawa Timur pada Triwulan III tumbuh sebesar 5,16%. Pertumbuhan ekonomi itu lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,06%// Sejumlah sektor usaha ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Jatim terutama disektor industri makanan// Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Jatim Khaerul Agus mengatakan sektor industri makanan menyumbang diatas 10% dari industri year on year di Jatim yang tumbuh sebesar 5,12%.

Selain industri makanan, sektor industri tembakau juga menyumbang pertumbuhan ekonomi meski tidak terlalu besar jumlahnya. BPS Jatim juga mencatat sektor industri konstruksi juga tumbuh cukup signifikan seiring dengan pesatnya pembangunan infra struktur yang pembiayaannya oleh APBD mulai dilaksanakan pada triwulan ketiga. Sementara itu sektor perdagangan kata Khaerul Agus tumbuh sebesar 7%.

Berbeda dengan Sektor industri makanan dan kontruksi yang tumbuh signifikan, sektor pertanian justru melambat. Tapi pertumbuhan di triwulan ketiga ini lebih baik dibandingkan pada triwulan kedua yang tumbuh di kisaran 1,2%. Sektor lain yang pertumbuhannya melambat adalah sektor telekomunikasi.

Khaerul Agus menambhakan perekonomian Jatim berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas harga berlaku pada Triwulan III 2017, mencapai Rp 520,6 Triliun. Sementara atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 381,2 Triliun. (alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group