• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

TIGA RUMAH PAHLAWAN AKAN JADI WISATA MUSEUM DI SURABAYA

November 9, 2017

 

Sby, MercuryFM - Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Pemkot Surabaya pada bulan November akan meresmikan 3 museum rumah pahlawan, antara lain Museum Rumah Hos Cokroaminoto, Museum Rumah Dr Soetomo dan Museum Rumah WR Supratman.

 

Museum Rumah Pahlawan itu akan dilengkapi dengan berbagai peralatan sejarah yang pernah dipakai tiga tokoh itu. Diantaranya kaca yang pernah menjadi perlengkapan latihan pidato Bung Karno dikamarnya kos rumah HOS Tjokroaminoto.

 

Untuk melengkapi rumah sejarah tersebut Pemkot Surabaya membentuk Tim Khusus yang bertugas mencari referensi sampai ke pelosok tempat asal para tokoh itu. Termasuk ke museum arsip nasional agar referensinya semakin komprehensif.

 

"Dulu ada rumahnya, tapi sekarang mau coba dilengkapi barang-barangnya, jadi kami cari sampai ke rumah asalnya, misal rumah Cokroaminoto di Madiun. Itu kan dulu Bung Karno belajar pidato di atas rumah Cokroaminoto, lalu coba pidato di depan kaca. Nah, kacanya itu kita sudah dapat beserta cerita proses di dalamnya," ujar Risma.

 

"Kita juga sudah cari referensi sampai ke Jakarta, ke Museum Arsip Nasional, ke beberapa tempat di kampung-kampung asalnya, sehingga lebih komprehensif," tambah Risma bersemangat.

 

Museum rumah sejarah ini akan menjadi agenda wisata terutama saat memperingati hari Pahlawan, sebagai bentuk penghargaan kepada jasa para Pahlawan.

 

Agar lebih menarik sarana di kawasan rumah bersejarah itu diperbaiki/ diantaranya dengan jalan yang diperlebar."Tak rombak total semua jalannya, jadi kalau kesana sudah berbeda kondisi jalannya sekarang" tegas Risma.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload