TERKADANG SUAMI MELARANG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF

November 12, 2017

 

Sby,MercuryFM - Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017 diperingati dengan meriah oleh ratusan ibu hamil dengan menandatangani petisi jari warna dan USG di kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya. Mereka menempelkan telapak tangan yang berlumuran aneka warna ke bentangan kain warna putih. Aksi sebagai bentuk rasa peduli akan kesehatan ibu dan bayi oleh Mahasiswi D3 Kebidanan Fakultas Kesehatan (FIK) UM Surabaya.

 

Dekan FIK UM Surabaya Dr Mundakir, S.Kep., Ns., M.Kep mengatakan kesehatan ibu hamil merupakan faktor sangat penting untuk menopang kehidupan bayi dalam kandungannya. 

 

"Penting bagi ibu hamil untuk peduli menjaga kesehatannya, dan secara rutin memeriksakan kandungannya, sehingga kondisi bayi sehat begitu pula dengan ibunya"ujarnya.

 

Sementara itu kepedulian keluarga sangat penting, sehingga diharapkan kepada keluarga terutama suami agar memberikan dukungan untuk pemberian ASI eksklusif.Kata Mundakir, justru yang menjadi penghalang pemberian ASI eksklusif adalah suami, karena khawatir bentuk payudara istrinya tidak bagus lagi. 

 

Mundakir kembali mengatakan, ajakan pemberian ASI eksklusif harus ditekankan, karena sampai sekarang pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayinya masih sangat rendah dibawah 50%. Karenanya kesadaran itu harus dikampanyekan lagi secara intensif dan masif agar mencapai target nasional diatas 80%.

 

Sementara itu di hari yang sama, diresmikan pula pojok laktasi di kampus UM Surabaya. Pojok laktasi ini kata Mundakir bisa dimanfaatkan oleh para karyawan kampus maupun dosen. Ditempat ini disediakan pula alat pemeras ASI dan lemari pendingin. Para karyawan dan dosen bisa memanfaatkan perlengkapan itu, sehingga sepulang dari kampus bisa memberikan ASI kepada bayinya dirumah.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive