PELUANG KECIL BANSOS SMA/SMK DIANGGARKAN DI APBD SURABAYA 2018


Sby,MercuryFM - Anggaran Bantuan Sosial untuk siswa miskin SMA/SMK diSurabaya kemungkinan besar tidak masuk dalam Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2018. Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, kesepakatan antara pihak pemkot dan dewan yaitu menunggu jawaban dari pihak Kementrian Dalam Negeri. "Jawaban Kemendagri piye, nah kita tunggu jawabannya, tapi yang jelas tidak ada kewajiban untuk pemerintah daerah memberikan bantuan terhadap siswa SMK/SMK" tegas Whisnu. Kata Whisnu pihaknya akan melihat dulu kepentingannya seperti apa pemberian bansos itu, karena pengelolaan SM/SMK sudah menjadi wewenang pemerintah propinsi.

Sedari awal kata Whisnu Pemprov Jatim menyatakan tidak sanggup memberikan pendidikan gratis kepada siswa SMA/SMK, sedangkan pemkot Surabaya bisa melakukan itu."Tapi Pemkot Surabaya minta pelimpahan wewenang pengelolaan, kalau pelimpahan itu tidak bisa dilakukan ya kita tidak bisa terus ya opo" ujar Whisnu.

KUA PPAS yang dibahas Badan Anggaran DPRD Surabaya merupakan acuan pembuatan APBD Kota Surabaya tahun 2018. Pembahasan KUA PPAS dideadline selesai pada tanggal 30 November 2017.

Sebelumnya pihak Dewan mendesak agar pemkot Surabaya menganggarkan dana bansos untuk sekitar 11 ribu siswa miskin SMA/SMK di Surabaya dengan anggaran Rp 28 Milliard. Agar tetapt sasaran penyaluran anggaran itu nantinya dilakukan by name by addres. Tapi pemkot Surabay menolak desakan itu karena dianggap melanggar aturan, karena penggelolaan SMA/SMK sudah dilimpahkan ke Pemprop Jatim sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014. Sedangkan pihak dewan menegaskan kalau bansos itu bisa dilakukan setelah melakukan konsultasi ke Kemendagri selama pemerintah Kabupaten dan Kota mampu memberikan bansos itu.(Alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group