BPM : Triwulan III 2017 Realisasi Investasi Di Jatim Menurun


Sby, MercuryFM - Memasuki triwulan-III 2017, realisasi investasi Jawa Timur tercatat menurun dibanding periode yang sama tahun lalu.Dalam data angka sementara Badan Penanaman Modal (BPM) Jawa Timur hingga triwulan-III 2017, realisasi investasi Jatim tercatat sebesar Rp 104,4 triliun.

Angka ini hanya mencapai 88 persen dari capaian periode Januari hingga September 2016 yang mencapai Rp 118,63 triliun.

Kepala BPM Jawa Timur, Lili Soleh mengatakan ada sejumlah faktor yang menyebabkan realisasi tersebut melesu pada triwulan-III tahun ini. "Kini tujuan investasi nasional semakin beragam, sekarang penyebaran investasi bisa dibilang lebih merata, tidak hanya di pulau Jawa," kata Lili di Surabaya, Selasa (14/11/2017).

Selain itu, Lili juga menilai kondisi ekonomi secara nasional turut mempengaruhi pertimbangan investor untuk membuka bisnis baru, termasuk di Jatim. "Penyebab lain yang diduga menjadi sebab penurunan tingkat realisasi investasi di Jatim ialah beberapa investor yang memutuskan memundurkan pembangunan proyeknya karena alasan tertentu," tambah Lili.

Target realisasi investasi pada 2017 yang ditetapkan BPM Jatim mencapai Rp 120 triliun. Perbaikan rantai pasok (supply chain) dan kawasan-kawasan industri yang menjamur di Jawa Timur menjadi sektor yang diandalkan.

Capaian yang masih sebesar Rp 104,4 triliun selama Januari hingga September 2017 itu, membuat BPM masih harus menarik investasi sebesar Rp 15,6 triliun selama Oktober sampai Desember atau sekitar 13 persen dari total target.

BPM Jatim meyakini dapat mencapai target dengan adanya sejumlah rencana perluasan pabrik dari beberapa perusahaan manufaktur.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group