• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Triwulan III Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Naik Tipis

November 20, 2017

 

Sby, MercuryFM - Triwulan ke III 2017 pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif membaik jika dibandingkan dua triwulan sebelumnnya. Di triwulan ke III pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,06 persen (yoy). Sementara dua triwulan lalu yang masing-masing sebesar 5,01 persen (yoy).

 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman mengatakan membaiknya pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2017 tersebut diikuti dengan struktur yang lebih berimbang seiring dengan meningkatnya kinerja ekspor dan investasi, baik Pemerintah maupun swasta. "Perbaikan kinerja ekspor terutama dipengaruhi oleh membaiknya harga komoditas seperti minyak sawit dan batubara, serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi dunia," kata Agusman, seperti yang dilansir dalam keterangan persnya, Senin (20/11/2017).

 

Agusman menjelaskan investasi tumbuh meningkat mencapai level tertinggi sejak triwulan II 2013 didukung oleh investasi bangunan dan nonbangunan. Di sisi lain, kinerja konsumsi pemerintah membaik sejalan dengan meningkatnya pengeluaran pemerintah, sementara konsumsi rumah tangga masih tertahan.

 

"Secara sektoral, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh industri pengolahan dan perdagangan, hotel, dan restoran (PHR) yang memiliki kontribusi besar terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja,” tambahnya

 

Secara spesial  kata Agusman, pertumbuhan ekonomi di Sumatera, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi meningkat terutama didorong oleh akselerasi sektor konstruksi dan industri pengolahan. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di Maluku dan Papua melambat disebabkan, antara lain, produksi pertambangan yang masih terbatas.

 

"Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan 2017 sekitar 5,1 persen dan akan meningkat lebih tinggi pada kisaran 5,1 persen hingga 5,5 persen ditahun 2018," pungkas Agusman.(Dani) 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us