• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Lindungi Hak Anak, Mensos Keluarkan PP Pelaksana Pengasuhan Anak

November 21, 2017

 

Lindungi Hak Anak, Mensos Keluarkan PP Pelaksana Pengasuhan Anak

Sby, MercuryFM - Untuk memastikan pemenuhan hak anak termasuk perlindungan terhadap anak, pemerintah melaui Kementrian Sosial menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No 44 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pengasuhan Anak guna meningkatkan perlindungan serta pemenuhan hak anak.

"PP ini menjadi pedoman pelaksanaan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," kata Mentri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam release yang dikirim ke media, Selasa (21/11/17).

Menurut Khofifah, PP ini menekankan pada pengasuhan anak yang berbasis keluarga. Sehingga, sasaran utama diterbitkannya PP ini adalah anak-anak yang diasuh oleh keluarga inti sekaligus sebagai pesan perihal kewajiban orangtua untuk memberikan pengasuhan yang baik.

"Pemerintah ingin pelayanan dasar dan  pemenuhan  kebutuhan setiap Anak akan kasih sayang, keselamatan, kesejahteraan, dan hak-hak sipil Anak benar-benar terpenuhi," ujarnya.

Ketua Muslimat NU ini juga menerangkan, PP tersebut menetapkan standar-standar yang jelas bagi masyarakat untuk mengasuh anak. Termasuk kepastian status anak jika tidak diasuh oleh keluarga inti pun menjadi lebih pasti.

"Pengasuhan utama adalah keluarga inti, sedangkan pengasuhan anak berbasis Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan non lembaga adalah opsi terakhir dan kalaupun terpaksa dilakukan, sifatnya sementara tidak selamanya, kecuali bagi orang tua yang hak asuhnya sudah dicabut berdasarkan putusan pengadilan," jelasnya.

Wanita yang akan maju di Pilgub Jatim 2018 mendatang ini juga mengatakan, PP ini berlaku efektif sejak diundangkan pada16 Oktober 2017. Dan pemerintah akan terus berusaha meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak dasar anak, baik yang berada dalam pengasuhan keluarga inti, pengasuhan LKSA maupun anak-anak yang diasuh non LKSA. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us