• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

E Commerce Tahun 2018 Diprediksi Masih Akan Berkembang Pesat

November 22, 2017

 

Sby, MercuryFM - Tahun 2018 tinggal beberapa bulan lagi, dan diprediksikan untuk peluang bisnis tahun 2018 akan diwarnai perkembangan teknologi.

 

"Tahun 2018 tahun politik dan belanja pemerintah cukup lumayan. Tahun 2018 adalah tahun teknologi. Properti kelas menengah ke bawah akan ramai," kata Dr. Wasiaturrahma Dosen Ekonomi Universitas Airlangga di Surabaya, Rabu (22/11/2017). Hasil survei pada UMKM di Indonesia yang berkaitan dengan risiko dan tantangan di era digital menyebutkan masyarakat Indonesia bersifat reaktif dan bukan proaktif. 

 

Rahma sapaan akrab Wasiaturrahma menjelaskan ritel di mal-mal harus hati-hati dengan e-commerce. Ini akan berdampak pada PHK karyawan dan menambah pengangguran. "Konsumen akan merasa terbantu dengan teknologi digital sehingga kalau mereka ke mal, hanya sekadar jalan-jalan," jelasnya.


Rahma mengingatkan bahwa surplus perdagangan bukan sesuatu yang menggembirakan, karena para pengusaha mengurangi tingkat produksinya dan daya beli masyarakat menurun.

"Sangat terasa di masyarakat bawah. Sedang untuk menengah ke atas, e-commerce masih sangat marak. Sektor-sektor yang tumbuh bukan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Sekarang ini banyak orang mencairkan dananya di bank karena investasi di bank tidak menguntungkan," kata dia.

Solusinya, semua pihak harus terintegrasi. Termasuk perbankan jangan hanya mau ambil untung besar dari simpanan nasabah, tapi suku bunga bank juga harus diturunkan untuk menggerakkan ekonomi riil.

Pemerintah juga harus fair, tidak serta merta memungut pajak sebesar-besarnya kepada pengusaha.(Dani) 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us