• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Masih Belum Ada Calon Daftar Jalur Independent

November 23, 2017

 

Sby, MercuryFM - Belum ada satu pun calon yang mandaftar melalui jalur independen di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang. Padahal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim telah membuka proses penyerahan dukungan calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, mulai tanggal 22 - 26 November 2017. 

 

"Sampai dengan hari ini belum ada. Kita buka penyerahan dukungan sesuai jam kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Khusus tanggal 26 November dilayani sampai pukul 24.00 WIB," ujar komisioner KPU Choirul Anam di Surabaya, Rabu malam (23/11/17).

 

Menurut Anam, sesuai dengan PKPU No. 3 Tahun 2017 yang telah dirubah dengan PKPU 15/2017, Persyaratan untuk maju sebagai calon melalui jalur perseorangan di Jawa Timur adalah sejumlah minimal 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilih/Pemilihan Terakhir. 

 

Di jelaskan Anam, adapun jumlah DPT (daftar pemilih tetap) terakhir sebanyak 30.963.078 orang x 6,5 persen, jadi minimal 2.012.601 orang. Dukungan tersebut harus memiliki sebaran minimal di 20 kabupaten/kota.

 

"Setelah melakukan tahapan penerimaan dukungan, nanti akan ada penelitian jumlah minimal dukungan dan sebaran untuk memastikan bahwa dukungan yang dibawa dan diserahkan sesuai dengan jumlah minimal persyaratan. Tahapan Penelitian ini akan dilaksanakan mulai tanggal 22 - 28 November," jelas Anam.

 

Anam juga mengatakan, tahapan selanjutkan bila calon yang bersangkutan telah memenuhi batas minimal persyaratan, maka akan dilanjutkan tahapan penelitian administrasi dan dukungan ganda, yaitu tanggal 22 Nov – 5 Desember 2017.

 

Meski belum ada yang mendaftar, Choirul Anam mengungkapkan,  ada 1 organisasi yang menamakan diri komunitas tikus pithi yang sudah beberapa kali berkonsultasi terkait syarat dukungan perseorangan. Komunitas itu meminta username dan password untuk pengisian Syarat dukungan di SiLON (Sistem informasi Pencalonan), aplikasi wajib untuk bakal calon perseorangan. 

 

"PKPU 15 tahun 2017 menyebutkan salah satu syarat penyerahan selain hardcopy dukungan juga ada kewajiban penyerahan softcopy. Softcopy inilah yang kemudian dipermudah formatnya dengan adanya aplikasi SILON," kata Anam. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags