Pilgub Jatim 2018 Tidak Akan Diikuti Calon Perseorangan Atau Independen

November 27, 2017

 

 

SbyMercuryFM - Pilgub Jatim dipastikan tidak akan diikuti oleh calon independen atau perseorangan. Karena 

Sampai pada batas waktu terakhir Tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan untuk pilgub Jawa Timur Tahun 2018 tidak ada satupun pasangan calon yang datang menyerahkan dukungan. 

 

Menurut Choirul Anam komisioner KPU jatim, KPU telah membuka pendaftaran untuk jalur independen atau perseorangan mulai tanggal 22 November kemarin sampai tanggal 26 November 2017. Namun ternyata sampai penutupan jam 24.00, tidak ada satupun yang melakukan pendaftaran.

 

"Tepat pukul 24.00 WIB hari Minggu 26 November Tahun 2018, secara resmi KPU Provinsi Jawa Timur menutup Penerimaan Dukungan untuk calon perseorangan. Artinya dipastikan secara resmi bahwa pilgub Jatim 2018  tidak akan diikuti calon dari perseorangan dan hanya akan diikuti oleh pasangan dari Partai Politik," Terangnya.

 

Diakui oleh Anam, ada beberapa orang datang ke KPU Jatim rentan waktu pendaftaran calon perseorangan atau Independen. Bahkan mereka meminta informasi terkait penvalpna pasangan perseorangan. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, tak ada pasangan mendaftar.

 

"Ini berbeda dengan Pilkada Jatim 2013 yang diikuti oleh satu pasangan calon perseorangan, yaitu Eggi Sudjana sebagai calon Gubernur dan Muhammad Sihat sebagai calon Wakil Gubernur," ujarnya.

 

Choirul Anam juga mengatakan saat ini tinggal menunggu pendaftaran calon yang akan dilalukan oleh partai politik. Dimana sesusi dengan jadwal yang ada, untuk Pendaftaran Bakal  Calon Gubernur & wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018  malaui jalur partai politik, akan dimulai  pada Tanggal 8 - 10 Januari Tahun 2018. 

 

"Untuk Persyaratannya adalah harus didukung partai politik atau gabungan partai politik yang mendapatkan kursi minimal 20% jumlah kursi di DPRD Jawa Timur (minimal 20 kursi)," jelas Anam. (Ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive