• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Penertiban PKL Harus Ada Solusi Dan Persuasif, Tidak Main Gusur

November 28, 2017

 

Penertiban PKL Di Kota Surabaya Harus Ada Solusi Dan Persuasif, Tidak Main Gusur Saja

Sby , MercuryFM - Persoalan PKL yang ada di kota surabaya menjadi perhatian Ketua Komisi E DPRD Jatim Hartoyo. Politisi Partai Demokrat yang berangkat dari daerah pemilihan 1 Surabaya Sidoarjo ini meminta kepada pemerintah kota Surabaya untuk memperhatikan keberadaan mereka. Sebab saat ini banyak PKL yang alami peggusuran tapi tidak disediakan solusi oleh pemerintah surabaya termasuk relokasi mereka.

Hal ini yang banyak dikeluhkan masyarakat yang ada dikawasan Kemayoran yang kebanyakan berprofesi sebagai PKL yang menyampaikan keluhan mereka kepada Hartoyo ketika melakukan reses menampung aspirasi masyarakat. Menurut Hartoyo, dari keluhan yang muncul yang disampsikan masyarakat khususnya mereka yang berprofesi sebagai PKL, terungkap bayak diantara mereka yang tidak mendapatkan solusi ketika mereka dugusur oleh satpol PP pemerintah Kota Surabaya.

"Saya mendukung upaya penertiban terhadap PKL di kota Surabaya. Tapi tetap harus ada solusi bagi mereka ketika dilakukan penertiban. Jangan dilakukan penertiban ternyata tidak ada solusi bagi PKL. Ini yang tidak bener," ujarnya.

Ia mencontohkan dikawasan kemayoran ini (Jl Indrapura, red), penertiban dilakukan tapi banyak PKL yang tidak mendapatkan solusi. Seperti yang mereka keluhkan saat ini. Demikian juga di beberapa kawasan seprti Jl Dharmawangsa.

"Ada usulan mereka buka di skitar Jl Indrapura dan Jl Dharmawangsa sore sampsi dini hari seperti kawasan Jl Kedungdoro. Kalau itu bisa dan ketertiban kebersihan bisa dijaga kenapa tidak diperbolehkan?," jelasnya.

Sebenarnya, kata Hartoyo, keberadaan PKL ini adalah salah satu upaya dalam mengatasi pengangguran yang ada. Mereka bisa mempekerjakan orang-orang disekitarnya. Dan ini sedikit banyak membantu program pengurangan pengangguran.

"Kalau kita sebagai pemegang kebijakan bisa mengatur mereka para PKL dengan baik, maka akan berdampak positif bagi PKL. Tapi kalau kita hanya gusur tanpa solusi dan komunikasi imbasnya akan menambah angka pengangguran, sebsk mereka tidak bisa beraktifitas sebagai PKL lagi," katanya.(mer)


 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags