Gus Ipul : Semua Kekuatan Dikerahkan untuk Bencana Pacitan

November 29, 2017

 

Sby, MercuryFM - Semua kekuatan termasuk antisipasi dampak terburuk akibat banjir dan longsor di Pacitan dilakukan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur. Bahkan pemerintah propinsi juga telah meminta PLN untuk melakukan antisipasi terkait banjir khususnya aliran listrik di pemukiman masyarakat.

 

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, PT PLN telah mengantisipasi dampak banjir yang terjadi di Pacitan. Yaitu dengan melakukan proses pemadaman dan secepat mungkin memperbaiki saluran yang terputus.

 

"PLN distribusi Jatim sudah memberitahu ke saya langkah antisipasi yamg dilalukan di banjir dan longsor Pacitan. Hari ini PLN secara resmi juga sudah berkirim surat ke Bupati Pacitan. Penanganan akan dilakukan secara cepat," kata Gus Ipul, Rabu (29/11/17).

 

Dari data yang dimiliki PLN, kata Gus Ipul, setidaknya terdapat 10 jurusan tegangan menengah 20 KV sebanyak 8 jurusan yang padam. Selain itu sebanyak 454 trafo juga padam sehingga dari total 123 ribu pelanggan PLN di Pacitan terdapat 76 ribu pelanggan yang mengalami pemadaman.

 

Pemadaman sendiri terpaksa dilakukan PLN karena adanya beberapa tiang yang roboh dan patah. Beberapa panel trafo juga terendam air.

 

"Pertimbangan keamanan masyarakat. Kalau tetap dialiri listrik malah berbahaya karena masyarakat bisa tersengat listrik," jelas Gus Ipul.

 

Sementara itu, untuk penanganan dampak banjir, Pemerintah provinsi juga telah minta BPBD Jawa Timur turun ke Pacitan. BPBD sekitar seperti Trenggalek juga telah dikerahkan membantu penanganan banjir Pacitan.

 

Dari data BPBD Jatim, banjir di Pacitan meluas hingga 13 desa di 3 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Pacitan ada di Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, Desa Kembang, Desa Ploso, Desa Arjowinangun, dan Desa Sidoharjo. lalu di Kecamatan Kebon Agung terdapat di Desa Purworejo, Desa Banjarjo, dan Desa Kebon Agung. Sedangkan di Kecamatan Arjosari terdapat di Desa Pagutan, Desa Jatimalang, Desa Arjosari dan jalan lintas selatan lumpuh total.

 

Banjir dan longsor menyebabkan 11 orang meninggal dunia yang menerjang Kabupaten Pacitan. Ke-11 korban meninggal dunia terdiri dari 9 orang akibat tertimbun tanah longsor dan 2 orang hanyut terbawa banjir. 

 

Korban longsor berasal dari Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung sebanyak 7 orang dan dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo sebanyak 2 orang. Selain itu 9 orang korban meninggal akibat longsor itu hingga saat ini belum dapat dievakuasi.

 

Sulitnya akses menuju lokasi dan tingginya intensitas hujan, menjadi kendala. Sementara untuk korban terseret banjir telah berhadis dievakuasi. (mer)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group