• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Peprov Jatim Kirim Bantuan Langsung Bencana Banjir Longsor Pacitan

November 29, 2017

Sby, MercuryFM - Langkah cepat dilakukan oleh pemerintah propinsi jatim dalam menangani bencana banjir dan longsor akibat cuaca ekstrem yang menimpa kabupaten Pacitan. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan pihaknya telah mengirim beberapa bantuan yang dilakukan oleh BPBD propinsi jatim ke Pacitan untuk membantu masyarakat disana.

 

"Saya langsung koordinasi dengan pak Darmawan (Kepala BPBD-red). Dan mereka langsung berangkat membawa beberapa keperluan yang dibutuhkan di sana untuk evakuasi masyarakat yang terjebak banjir. Mereka sempat tertahan di kawasan Slaung karena longsor. Barusan saya dapat kabar tim BPBD sudah bisa menembus longsoran dan menuju ke beberap wilayah yang parah di Pacitan," jelas Pakde Karwo dengan rinci yang dikonfirmasi setelah melantik pengurus DPC Partai Demokrat Surabaya di gedung Juang 45, Selasa (28/11/17).

 

Kata Pakde, penyelamatan pendukuk, pembersihan jalan dari longsoran serta pembuatan jambatan sementara, menjadi prioritas pertama yang dilakukan saat ini di sana. Selain itu 7 BPBD kota kabupaten dikawasan dekat wikayah Pacitan juga sudah dikerahkan untuk bersama sama membantu Pacitan dalam penanagan bencana banjir tersebut.

 

"Perahu karet yang dibutuhkan untuk evakuasi warga, pembuatan jembatan bailey, excavator untuk menyingkirkan longsoron guna melancarkan jalan yang tertutup longsoran tanah menjadi prioritas yang saat ini sudah berada di Pacitaan. Soal anggaran kita unlimited sesuai yang dibutuhkan disana untuk penanganan bencana," jelas Pakde Karwo.

 

Tim kesahatan URC (Unit Reaksi Cepat) RS Soedono Madiun kata pakde juga sudah bergerak ke Pacitan unt memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Serta pedataan keperluan yang dibutuhkan oleh masyarakat juga dilakukan saat ini oleh BPBD Propinsi dengan pihak pemkab Pacitan.

 

"Pendataan dilakukan agar bantuan yang diberikan benar bemar bantuan yang diperlukan oleh masyarakat sekitar korban bencana. Untuk status apakah ini bencana Nasional atau tidak kita menunggu dari pemkab Pacitan. Mereka yang menentukan status bencana tersebut," ujar Pakde.

 

Data terbaru di BPBD Jatim  korban meninggal dunia akibat bencana pacitan sampai saat ini yang terdata 11 orang. 9 orang meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor dan 2 orang hanyut terbawa banjir. Sampai saat ini ke 9 barang tersebut belum bisa dievakuasi. Sedangkan 2 orang hanyut telah ditemukan.

 

Warga yang terdampak akibat bencana  banjir dan longsor mencapai lebih dari 4.000 jiwaa dan perlu dievakuasi. Untuk kerusakan masih dalam pendataan. Sebanyak 13 desa dibtiga kecamatan Kabupaten Pacitan sampai saat ini masih terendam banjir. (mer)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive