RKB BINA 500 UMKM DAN MENAIKAN NILAI TRANSAKSINYA

November 30, 2017

Sby, MercuryFM - Dengan adanya Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Surabaya yang dikelola Bank Mandiri Wilayah Jatim, terbukti efektif turut mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terbukti, RKB kini membina tidak kurang dari 500 UMKM sekaligus menaikan nilai transaksinya. Dari semula Rp 11 juta menjadi Rp 144 juta.

 

Supervisor RKB, David Ardyanto mengatakan UMKM yang tergabung di RKB pun tak hanya yang berasal dari Surabaya. Tapi ada juga yang berasal dari Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Malang bahkan dari Madura. Nilai transaksi Rp 144 juta dikatakan cukup berkembang, karena di saat awal program ini dibentuk pada Januari 2017, nilai transaksi hanya tercatat 11 juta. "Pada awalnya kita dulu di bulan Januari 2017, transaksi yang terlaksana hanya senilai Rp 11 juta. Setelah itu kita berkembang, hingga sekarang pada pencapaian transksi sebesar Rp 144 juta,” kata David Ardyanto di Rumah Kreatif BUMN Surabaya, Kamis (30/11/2017).

 

 

David menjelaskan, bertambahnya jumlah UMKM yang tergabung dalam program ini juga mengalami peningkatan tiap bulannya. Hingga saat ini, jumlah UMKM yang tergabung ada 500 UMKM. Ini tak lepas dari strategi yang dilakukan guna menarik UMKM, lewat jemput bola. Juga info dari mulut ke mulut. 

 

Program ini juga membina para UMKM yang baru bergabung, dengan program pelatihan industry kreatif. Kalau awalnya masih sedikit jumlahnya, masih sekitar 20 UMKM yang tergabung. Selanjutnya di bulan kedua 40 UMKM. Alhamdulillah jumlah UMKM yang tergabung meningkat, seiring dengan kita bersosialisasi, dan lakukan door to door ke UMKM, serta mengikuti kegiatan komunitas maupun sosialisasi secara langsung lewat event UMKM,” lanjut David.

 

 

Lebih lanjut dikatakan David, untuk tahap ke depannya, RKB tidak menutup kemungkanan terus menambah jumlah UMKM yang tergabung dalam program ini. “Program ini sangat efektif membantu UMKM agar berkembang. Karena dengan hadirnya RKB ini, pelaku UMKM yag awalnya tidak pernah pegang HP, sedikit demi sedikit kita bantu bagaimana kita mengoperasikan toko online mereka, pungkasnya.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group