ANGGARAN BANSOS SMA/SMK DITOLAK, RENI INTERUPSI TERTULIS KE WALIKOTA

December 1, 2017

 

Sby,MercuryFM - Keengganan Pemkot Surabaya menganggarkan Bantuan Sosial untuk SPP gratis siswa miskin SMK/SMA, disikapi anggota DPRD Surabaya Reni Astuti dengan memberikan interupsi tertulis ke Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat sidang Paripurna pembahasan APBD 2018. Reni mempertanyakan komitment Pemkot Surabaya akan pendidikan SMA/SMK.

Anggota Fraksi PKS itu menegaskan, pemberian bansos itu tidak melanggar hukum, meski pengelolaan SMA/SMK sekarang sudah jadi wewenang pemerintah Propinsi Jatim. Pemberian Bansos ke siswa SMA/SMK sama dengan kebijakan Pemkot Surabaya memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi ketika tahun 2008-2012. Saat itu Pemkot memberikan diskresi bagi mahasiswa dari keluarga miskin ketika UU 12 tahun 2012 belum diundangkan.

“Norma mengatur pemda bisa anggarkan untuk mahasiswa diundangkan per 10 Agustus 2012, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, pasal 76. Semestinya bisa diskresi pemberian beasiswa mahasiswa sebagaimana tahun 2008-2012,” ujar Reni dalam surat interupsinya itu. Terlebih lagi tulis Reni, Surabaya memiliki Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial yang bisa menjadi payung hukum bagi pemkot mengintervensi penganggaran bagi warga miskin.

Saat reses, Reni menemukan banyak keluhan warga yang keberatan biaya sekolah SMA/SMK. Konsolidasi pendanaan non APBD juga disarankan Reni. Pemkot bisa menggandeng perusahaan yang memiliki program corporate social responsibility (CSR) dan peduli pendidikan untuk membantu pembiayaan pendidikan SMA/SMK.

“Koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga perlu dilakukan, bergotong-royong untuk mencari solusi,” saran Reni sebagaimana tertulis dalam surat interupsi.

Reni berharap orangtua/wali murid  miskin tidak lagi mengeluarkan biaya paska peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi. (Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group