• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Bulan November inflasi Di Jatim Lebih Tinggi Sedikit Dari Inflasi Secara Nasional

December 5, 2017

 

Sby, MercuryFM - Selama Bulan November 2017 inflasi di Jawa Timur mencapai 0,23 persen, dimana lebih tinggi sedikit dari inflasi nasional yang tercatat sebesar 0,20 persen.
Naiknya harga beberapa komoditas bahan pangan seperti beras, bawang merah dan telur ayam ras mendorong laju inflasi Jatim pada Bulan November 2017.

Kepala BPS Jatim Teguh Pramono mengatakan menjelang akhir tahun, harga beberapa bahan pokok mulai menunjukkan peningkatan. Ditambah lagi faktor cuaca yang mulai memasuki musim penghujan juga berpengaruh terhadap jumlah produksi. "Beras dan bawang merah memberikan andil yang cukup signifikan terhadap terjadinya inflasi di mana harganya mengalami kenaikan di seluruh kota perhitungan IHK Jatim," kata Teguh, Senin (4/12/2017). Komoditas lain yang juga mendorong terjadinya inflasi adalah tomat, rokok kretek fiter, cabai merah, mujair, rokok kretek, obat dengan resep dan bensin.

Ia mengatakan total wilayah yang menghitung  inflasi mencapai delapan kota, dan keseluruham mengalami  inflasi. Inflasi tertinggi, kata dia, terjadi di  Sumenep yaitu mencapai 0,57 persen, diikuti     Jember  0,34 persen, Banyuwangi 0,33 persen, Probolinggo dan Malang 0,27 persen, Kediri 0,23 persen, Surabaya 0,18 persen dan Madiun 0,10 persen.

Sementara, untuk kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok bahan makanan yang mencapai 0,63 persen, dan kelompok terendah ialah kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga yang mengalami inflasi sebesar 0,04 persen.  

Teguh mengatakan, beberapa komoditas yang mampu memberikan andil terbesar penghambat inflasi ialah jeruk, daging ayam ras, dan anggur, karena ketersediaannya mencukupi.

Secara umum, kata Teguh, laju inflasi tahun kalender Jawa Timur di bulan November 2017 atau bulan ke bulan (m to m) mencapai 3,31 persen, angka ini lebih tinggi dibanding November 2016 yang hanya sebesar 2,16  persen.

Sedangkan laju inflasi tahun ke tahun (yoy)  Jawa Timur di bulan November 2017 mencapai 3,89 persen, angka ini lebih tinggi dibanding November 2016 yang  hanya sebesar 3,02 persen.(Dani)





 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive