HARI ARMADA, TNI AL WASPADAI KETEGANGAN DI LAUT CINA SELATAN

December 5, 2017

Sby, MercuryFM - Dinamika politik dan keamanan internasional maupun regional menjadi penekananan Kepala Staff TNI AL Laksamana Ade Supandi dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Armada RI 2017 di Markas Komando Armada Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya selasa 4/11.

"Dinamika politik dan keamanan internasional maupun regional diwarnai berbagai isu antara lain eksistensi ISIS, peningkatan ketegangan di laut Tiongkok Selatan dan semenanjung Korea, modernisasi kekuatan militer di kawasan, sengketa perbatasan antar negara, pelanggaran wilayah, kelangkaan energi serta gangguan keamanan maritim dan keselamatan navigasi" tegasnya.

Ade Supandi menambahkan hal ini supaya menjadi momentum bagi TNI Angkatan Laut untuk membangun kemampuan Armada TNI Angkatan Laut, dengan pedoman kebijakan dasar pembangunan TNI Angkatan Laut menuju kekuatan pokok minimum sebagai dokumen pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut.

Upacara peringatan Hari Armada 2017 dipusatkan di Koarmatim Ujung Surabaya yang dihadiri oleh Panglima Komando Armada Timur, Panglima Komando Armada Barat dan para Pangkotama TNI AL serta para Mantan Kasal dari masa ke masa, para Mantan Panglima Armada RI, para Pejabat Utama Koarmatim. Upacara itu mengerahkan seluruh kekuatan TNI Angkatan Laut dalam bentuk Sistem Senjata Armada Terpadu seperti KRI, Pesawat Udara, Pangkalan dan Marinir, bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) adalah Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Rudi Harianto.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan aksi paduan suara dari Gabungan Jalasenastri dan prajurit TNI Angkatan Laut, penampilan GS Taruna AAL yang berkolaborasi dengan Reog Ponorogo,demo sea cast dan recovery sea rider Kopaska dan demo 20 peterjun freefall dari Kopaska maupun Yontaifib Marinir yang satu diantaranya adalah Srikandi Kowal, demo Flying Pass Helly, Cassa dan Bonanza Boom Burst dari Puspenerbal, serta pelaksanaan Defile dari Kotama TNI Angkatan Laut wilayah Barat dan Timur.

Tidak lupa juga Kasal mengumumkan Lanal teladan dan KRI teladan yang diantaranya Juara pertama yaitu Lanal Bangka Belitung (Lantamal III), Juara kedua Lanal Cilacap (Lantamal V), dan Juara ketiga Lanal Tanjung Balai Asahan (Lantamal I). Untuk KRI sebagai Juara pertama yaitu KRI Sultan Hasanuddin-366 (Koarmatim), Juara kedua diraih KRI Banjarmasin-592 (Kolinlamil), Juara ketiga KRI Pulau Rusa-726 (Koarmabar), dan Juara keempat KRI Spica-934 (Pushidrosal). (alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group