• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

12 WARGA JATIM MENINGGAL AKIBAT DIFTERI

December 6, 2017

 

Sby, MercuryFM - Wabah Difteri di Jatim sudah mengakibatkan 12 orang meninggal dunia dari 318 kasus disepanjang tahun 2017.  Jumlah korban meninggal dunia ini bertambah kalau dibandingkan tahun 2016 yang hanya 7 orang. Meski demikian jumlah penderita Difteri di Jatim justru berkurang di tahun 2017 dibandingkan tahun 2016. Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan di tahun 2016 terdeteksi 352 kasus Difteri. Sedangkan di tahun 2017 jumlahnya justru menurun menjadi 318 kasus.

Saat ditanya apakah Kondisi Luar Biasa (KLB) diberlakukan dalam kondisi ini Kohar mengatakan belum bisa memastikan, karena tergantung kondisi didaerah masing-masing."Kalau memang di suatu kabupaten dan kota itu penderitanya banyak bisa jadi ditetapkan sebagai daerah KLB mengacu pada peraturan menteri kesehatan nomor 15 tahun 2010" ujarnya.

Difteri disebabkan oleh bakteri yang menularnya lewat udara dari batuk yang bisa menyebabkan infeksi di saluran pernapasan. Sedangkan racunnya bisa mempengaruhi kerja jantung. Karena itu pihak Dinkes Jatim  kata Kohar sudah melakukan upaya untuk mencegah penularan dari bakteri itu. Kohar berharap para dokter bisa menganalisa lebih dini terhadap kasus Difteri. Masyarakat juga diminta agar waspada dengan segera memeriksakan diri kalau terjadi gangguan di tenggorokannya."Karena untuk memastikannya Difteri harus disertai diagnosa secara klinis" kata Kohar.

Dari data Dinkes Jatim, Pasuruan merupakan daerah paling tinggi kasus Difteri dengab jumlah 44 kasus, disusul Sampang dengan 33 kasus. Lalu Gresik dengan 26 kasus, Surabaya dan Nganjuk 19 kasus. Malang 15 kasus, disusul Jombang dan Kota Batu masing-masing 13 kasus. Sedangkan kabupaten dan kota lainnya antara 1 sampai 6 kasus. Sementara itu Pamekasan, Bojonegoro dan kota Madiun dinyatakan bebas kasus Difteri. (alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive