• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

LAWAN VIRUS TIKUS DENGAN OLAH SAMPAH CERDAS

December 7, 2017

 

Sby,MercuryFM - Lestospirosis yang disebabkan oleh tikus yang mengandung virus lestospira, menjadi perhatian serius kalangan akademisi setelah kasus yang terjadi di Surabaya. Hingga mengakibatkan seorang meninggal dunia.

Dalam progam Sahabat Keluarga (Saga) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya, mengajak masyarakat untuk mengolah sampah secara cerdas untuk mengantisipasi Lestospirosis. Seperti yang dilakukan di Jl.Kejawan Putih Tambak RT 03/RW 01 kecamatan Mulyorejo. Para Mahasiswa yang didampingi beberapa dosen, melakukan sosialiasi bagaimana mengolah sampah secara cerdas dengan mendaur ulang agar menjadi produk yang bernilai. Seperti mengubahnya menjadi tas, tempat lampu, tudung saji, pot bunga, interior rumah dan sejumlah barang lainnya.

 

 
Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Surabaya Dr. Mundakir M.Kep, mengatakan, musim hujan membuat suburnya habitat tikus, apalagi di tempat yang kotor penuh dengan sampah."Karena itu mahasiswa kami punya ide untuk mengolah sampah, agar lingkungan sekitar bersih dan masyarakat punya penghasilan tambahan". Ujarnya. Selain mengedukasi pengolahan sampah, para mahasiswa ini juga mengenalkan cara bertanam dengan sistem hidroponik dilahan yang sempit, agar menambah suasana asri dilingkungan sekitar.

Program Saga ini sudah dilakukan di 5 kecamatan. Disetiap lokasi yang disinggahi para mahasiswa melakukan pemantauan terhadap kesehatan masyarakat setempat, secara berkala. (Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags