Dinilai Negarawan, Aziz Syamsuddin Layak Gantikan Setnov Sebagai Ketua DPR RI


Sby,MercuryFM - Pasca pengunduran diri Setyo Novanto (Setnov) sebagai ketua DPR RI, membuat banyak kader Golkar di DPR RI yang diusulkan untuk bisa mengganti posisi Setnov. Salah satunya muncul usualan nama Azis Samsudin anggota Fraksi Golkar DPR RI.

Mencuatnya nama Muhammad Aziz Syamsuddin yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan Ketua DPR RI,menuai sejumlah tanggapan.Salah satunya dari Forum Reformasi Jawa Timur (ForJatim).

Hadi Mulyo Utomo ketua For Jatim mengungkapkan, ‎dalam menakar calon Ketua DPR, hendaknya tidak mempersoalkan sumber asal usul rekomendasi, akan tetapi kriteria negarawan yang mutlak menjadi pertimbangan utama.

Hal itu yang ada dalam track record Aziz Syamsuddin. Indikatornya Azis adalah sosok yang tidak pernah punya persoalan yang mengusik keadilan masyarakat dari segala segmen, kedua aziz tidak pernah dianggap tidak loyal oleh parpol.

"Syarat utama seorang Ketua DPR RI adalah mempunyai jiwa negarawan dan tidak punya cacat secara hukum maupun politik. Saya kira Azi‎z Syamsuddin memenuhi kriteria tersebut," papar Hadi, Minggu (10/12).

Selain itu kata Hadi, latar belakang pendidikan hukum dan pengalaman yang panjang yang dimiliki Aziz di komisi 3 (Hukum). Membuat aziz mengerti betul untuk memaksimalkn identitias peran dan fungsi DPR dalam hubungan ketatanegaraan dengan lembaga lain, sehingga hal ini akan semakin meningkatkan kredibilitas dan kewibawaan DPR dimata eksternal eksekutif dan yudisial.

"Pada prinsipnya latar belakang pendidikan, pengalaman dan karakter personal Aziz, membawa potensi kuat. Dengan kepemimpinannya Azis akan mampu mereposisi citra DPR yang kini kurang positif dimata masyarakat, akan kembali bangkit sebagai lembaga mendapat kembali kepercayaan publik‎," ujar lulusan terbaik pasca sarja FH Unair ini.

‎Sementara itu, Koordinator Forum Praktisi Hukum Indonesia (FPHI), Arief Rachman menilai, direkomendasinya Azis Syamsuddin merupakan angin segar bagi kepemimpinan DPR-RI kedepan.

Alasannya, yang bersangkutan menjadi anggota DPR-RI tiga periode berturut-turut (2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019). Membuktikan Azis sudah matang makan asam garam di Senayan. Terlebih ia selalu memegang jabatan strategis mulai dari Wakil Ketua Komisi III, Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Ketua Komisi III dan Ketua Badan Anggaran.

“Aziz Syamsuddin juga dikenal sebagai politisi muda yang berprestasi, punya kapasistas yang mumpuni, ramah dan komunikatif dengan berbagai kalangan. Keberadaannya di pucuk pimpinan parlemen bisa memperbaiki image DPR RI yang semakin merosot di publik,” tutur Arief.

Alumni pasca sarjana Fakultas Hukum Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta ini menambahkan, munculnya nama Aziz Syamsuddin sebagai figur yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan Ketua DPR-RI adalah pilihan tepat dan patut didukung karena memiliki leadership dan karakter kepemimpinan yang kuat.

“Oleh karena itu, jangan sampai DPR-RI dipimpin oleh "politisi karbitan" atau "politisi kemarin sore" yang tidak jelas prestasi dan kapabilitasnya,” pungkas advokat muda anggota Peradi tersebut.(ari)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group