• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

HI TECH MALL BAKAL JADI GEDUNG KESENIAN SURABAYA

December 12, 2017

 

Sby, MercuryFM - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bakal mengembangkan gedung kesenian dan budaya di Kota Surabaya. Rencananya Disbudpar akan memusatkan gedung kesenian di Hi Tech Mall  yang sekarang menjadi pusat perbelanjaan perangkat tekhnologi informasi. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surabaya Widodo Suryantoro Senin, (11/12/) mengatakan alasan memilih gedung kesenian di Hi Tech Mall dipengaruhi beberapa faktor, salah satu alasannya kontrak pemilik stand akan habis dalam waktu dekat."Tahun 2018 sudah banyak yang menyerahkan stand kepada kami, sedangakan masa Build, operate and transfer (BOT) habis tahun 2019"ujar Widodo.

Widodo menambahkan, gedung kesenian di Hi Tech Mall mulai digarap tahun 2018. Gedung kesenian ini akan dirancang secara moderen, mulai dari lighting dan backdrop yang memakai layar bukan lagi layar kanvas dengan sistem manual. Selain itu musik gamelan yang dimainkan akan dikolaborasi dengan tekhnologi.

"Walikota ingin Surabaya punya gedung kesenian seperti di Jakarta, tapi harus lebih bagus dan canggih" kata Widodo. Di Gedung kesenian itu nantinya digelar berbagai pertunjukkan seni, seperti ludruk, wayang, kethoprak, pantomin. Jadi tidak hanya pameran lukisan.

Para komunitas pegiat kesenian di Surabaya nantinya bisa memanfaatkan gedung itu, tapi harus melalui regulasi. akandigedung kesenian yang mulai digarap tahun 2018 itu akan ditampilkan secara modern mulai dari, fasilitas gedung, kolaborasi beberapa alat musik lawas, pertunjukan ludruk, wayang dan pantonim. “Semua akan diramu dengan konsep teknologi modern, namun tetap tidak meninggalkan budaya lama,” terang Pria berkacamata itu.
Lebih lanjut, apabila gedung kesenian tersebut sudah jadi, pemkot akan menerapkan beberapa regulasi salah satunya terkait peminjaman gedung.

"Apabila komunitas seni yang ada di surabaya ingin meminjam gedung diminta membuat proposal untuk diserahkan kepada wali kota terkait tujuan penggunaan gedung seni, setelah disetujui pihaknya akan memproses kelanjutannya", jelas Widodo.

Widodo mengajak Dewan Kesenian Surabaya (DKS) untuk bersinergi dengan Disbudpar. "Kami ini kan mitra, makanya saya berharap bisa membangun Kota Surabaya lewat kesenian", pungkasnya.(alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags