• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Popularitas dan Akseptabilitas Khofifah Ungguli Gus Ipul

December 13, 2017

Sby, MercuryFM - Popularitas Khofifah Indar Parawansa saat ini menduduki posisi puncak dari hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Centre (SSC).

 

Khofifah berhasil mengungguli Cagub lainnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Serta beberapa nama lain yang potensi untuk di majukan sebagai calon Gubernur atau Wakil Gubernur oleh partai lain yang belum menentukan sikap. Seperti nama Anang Hermansyah anggota DPRRi dari PAN, dan mantan ketua MK Mahfud MD.

 

"Khofifah merupakan sosok yang dikenal oleh 96,8 persen responden. Sementara itu secara berurutan Gus Ipul mendapatkan vote dari 94 persen responden, disusul oleh Anang Hermansyah dengan 77,3 persen, diikuti Azwar Anas yang memperoleh 75,1 persen, Mahfud MD di posisi kelima dengan 69 persen dan di tutup Emil Dardak dengan posisi ke 6 dengan popularitas mencapai 66,6 persen," terang Mochtar W Utomo Direktur Surabaya Survey Centre (SSC) setelah menggelar pemaparan hasil survey yang dilakukan oleh SSC dengan mendatangan nara sumber Sekertaris PDI Perjuangan Sri Untari, Sekertaris Partai Demokrat Renville Antonio serta Sekertaris Partai Gerindra Anwar Sadat, Rabu (13/12/2017).

 

Untuk Akseptabilitas, kata pria yang juga pengajar di FISIB Universitas Trunojoyo Bangkalan , Khofifah juga berhasil mengungguli Gus Ipul. Khofifah mencapai 81,2 persen. Sedangkan Gus Ipul 80.9 persen. Sedangkan Wakil Khofifah Emil Dardak diperingkat ke 6 dengan 59,6 persen dibawah Wakil Gus Ipul Abdullah Azwar Anas mencapai 60,9 persen.

 

"Ini ada perubahan dari Hasil SSC bulan Juni kemarin. Gus Ipul yang berhasil mengungguli Khofifah yakni 75,9 persen sedangkan Khofifah 67,9 persen. Terbalik pada surveu kali ini untuk Akseptabilitasnya. Sedangkan wakil Khofifah Emil Dardak juga melompat jauh dari 10,6 bulan Juni menjadi 59,6%. Sedangkan Anas Meski ada kenaikakan tidak se tinggi Emil. Anas dari 29 persen ke 60,9 persen," ujar Mochtar.

 

Sementara itu untuk Elektabilitas pasangan calon Gus Ipul-Azwar Anas dan Khofifah-Emil Dardak, Pria Lulusan soal satu universitas ternama di Malaysia ini mengatakan, meski Gus Ipul-Anas ungguli Khofifah-Emil. Yakni Gus Ipul-Anas Elektabilitas mencapai 29,6 persen dan Khofifah-Emil Dardak 26,2 persen. Belum bisa dipastikan Gua Ipul-Anas aman. Sebab ini masuk dalam margin eror dibawah 3 persen.

 

"Ini membuktikan pilgub jatim masih dinamis. Pasangan Khofifah-Emil masih  bisa mengungguli pasangan Gus Ipul-Anas nantinya.karena pilgub masih lama di gelar," terang Mochtar. 

Sementara itu dari hasil survey SSC yang dilakukan juga terungkap beberapa nama yang bisa dijadikan calon alternatif bagi.poros tengan yang di galang partai Gerindara dan PAN.

 

Beberapa nama seperti Yenny Wahid dan Azrul Ananda muncul dalam 10 besar hasil survei popularitas dan elektabilitas. Padahal, sebelumnya, kedua nama tersebut tidak pernah muncul dalam hasil survei. Yenny Wahid, yang merupakan putri dari Presiden Abdurrahman Wahid, mendapatkan 57,6 persen untuk popularitas dan 48,9 persen untuk akseptabilitas. Sedangkan Azrul Ananda yang notabene putra dari Dahlan Iskan mendapatkan 11,8 persen untuk popularitas dan 7,6 persen untuk akseptabilitas.(ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload