• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PT PERTAMINA MOR V SIAP AMANKAN PASOKAN BBM JELANG NATAL DAN TAHUN BARU

December 20, 2017

 

Sby, MercuryFM - Menyambut Natal dan Tahun Baru 2018, pertamina Marketing Operation Region (MOR) V telah mempersiapkan strategi penyaluran guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG. Puncak konsumsi BBM diperkirakan akan terjadi pada 23 Desember.

 

 

General Manager Pertamina MOR V, Ibnu Chouldum mengatakan pihaknya memprediksi akan terjaddi peningkatan konsumsi sebesar 1 persen untuk produk gasoline seperti premium, pertalite, pertamax dan Pertamax Turbo. ”Meskipun kenaikan diprediksi 1 persen, namun kami siapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen untuk produk gasoline untuk persiapan Natal dan Tahun Baru,” kata Ibnu Chouldum ditemui di sela sela Press Conference Pertamina Amankan Pasokan BBM & LPG Natal dan Tahun Baru di Surabaya, Rabu (20/12/2017).

Ibnu menjelaskan Pertamina akan fokus di daerah-daerah yang menjadi tujuan berlibur misalnya Malang, Pantura serta Banyuwangi. ”Karena erupsi Gunung Agung, wisata Bali agak drop. Mungkin beralih ke Jatim jadi kami siapkan di jalur-jalur wisata tersebut dengan menyiapkan BBM kantong dan mobil dispenser utamanya di sekitar Malang,” tuturnya.

Di Jatim, konsumsi normal harian premium adalah 3.642 Kilo Liter (KL) per hari dan diprediksi meningkat menjadi 3.679 KL/ hari selama Natal dan Tahun Baru. Sedangkan untuk pertalite dari konsumsi harian 5.694 KL/hari akan meningkat menjadi 5.751 KL/ hari, pertamax dari rata-rata 3.000 KL/hari menjadi 3.030 KL/hari serta pertamax turbo dari 125 KL/hari menjadi 126 KL/hari.

Sementara itu, untuk produk gasoil seperti solar, dexlite serta Pertamina dex diprediksi justru mengalami penurunan sekitar 4 persen. Untuk solar yang normalnya 5.482 KL/hari menurun menjadi 5.262 KL/hari.

Dexlite dari yang semula 121 KL/hari menjadi 116 KL/hari dan Pertamina Dex dari 90 KL/hari menjadi 86 KL/hari.

Ibnu menambahkan, guna mendukung kelancaran penyaluran selama momen hari raya tersebut, Pertamina telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas mulai 18 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018. Satgas ini akan berperan khusus dalam memantau penyaluran BBM dan LPG mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan.


Sementara itu Ketua Hiswana Migas (Himpunan Pengusaha Swasta Nasional Minyak dan Gas Bumi) Jatim Rahmad Muhammadiyah menambahkan, pengusaha SPBU siap menyalurkan mengamankan pesokan BBM dan LPG untuk Natal dan tahun baru 2018.

”Kami juga sudah menyampaikan kepada pengusaha SPBU dan agen LPG untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi. Kami juga menghimbau pengusaha untuk menambah setoran ke Pertamina," pungkas Ibnu.(Dani)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload