Awal Tahun 2018 KPU Jatim Buka Pendaftaran Cagub-Cawagub Jatim Dari Jalur Parpol

December 30, 2017

 

Awal Tahun 2018 KPU Jatim Buka Pendaftarn Cagub-Cawagub Jatim Dari Jalur Parpol

 

Sby, MercuryFM - Proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang akan memasuki tahapan krusial dalam awal tahun 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim akan mengawali tahapan itu dengan membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur partai.

 

Menurut salah satu Komisioner KPU Jatim Choirul Anam, proses pendaftaran calon akan dilakukan selama tiga hari. Mulai tanggal 8-10 Januari 2018, para kandidat bisa mendaftar bersama masing-masing partai politik (parpol) pengusungnya. Para kandidat diwajibkan datang langsung ke KPU Jatim dengan membawa berkas persyaratan.

 

Di masa pendaftaran tersebut, kata Anam, KPU Jatim akan menerima berkas sesuai jam kerja yaitu (pukul 08.00-16.00. Kecuali di hari akhir, KPU siap menerima hingga batas waktu pergantian hari, pukul 00.00 wib. Lebih lanjut Anam mengatakan, penyerahan berkas tersebut harus dilakukan langsung oleh pimpinan pejabat struktural masing-masing partai, di antaranya ketua dan sekretaris partai.

 

"Bisa diwakilkan atas alasan yang benar-benar penting. Di antaranya, sedang ibadah umroh misalnya," ujarnnya.

 

Dalam kesempatan ini mantan anggota KPU Kota Surabaya ini juga mengatakan, pihaknya berharap agar masing masing kandidat bisa mendaftar di awal pendafataran tidak diakhir masa pendaftaran. Sebab, dengan semakin cepat kandidat mendaftar maka waktu melengkapi berkas akan semakin lapang.

 

"Ada kalanya berkas yang disetorkan ke KPU kurang lengkap. Sehingga, kandidat wajib untuk melengkapinya," ungkapnya.

 

Anam juga mengatakan, kandidat pasangan calon juga diharapkan menyiapkan Liaison officer (LO) atau petugas penghubung. Dimana LO akan bertugas untuk mencermati dokumen-dokumen maupun formulir.

 

"Petugas penghubung sebisa mungkin sebelum proses pendaftaran itu, bisa terlebih dahulu ke kantor KPU Jawa Timur. Sehingga, agar tidak ada kendala ketika proses pendaftaran," jelasnya.

 

Adapun berkas persyaratan pendafatran di antaranya, dokumen CV pribadi, visi dan misi, hingga bukt dukungan partai dari masing-masing kandidat. Yang mana, harus mencapai 20 persen dari jumlah kursi DPRD Jatim Atau 25 persen dari total suara di pemilu 2014 lalu.

 

Selanjutnya, dokumen syarat paslon tersebut akan diumumkan oleh KPU selama tujuh hari mulai tanggal 10-16 Januari 2018, melalui laman resmi KPU Jatim. Tujuannya, untuk mendapat tanggapan dari masyarakat. Di sela pengumuman tersebut, para kandidat juga akan mengikuti pemeriksaan kesehatan. Dalam hal ini, KPU jatim telah berkerjasama dengan RSUD Dr Soetomo, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan beberapa lembaga terkait.

 

Pasca keluarnya pemeriksaan pendaftaran tersebut kata Anam, kandidat diberikan waktu untuk melengkapi persyaratan. Apabila nantinya ada paslon yang tak memenuhi berkas sekaligus tes kesehatan, maka partai wajib untuk mengganti.

 

"Harus diganti untuk posisi yang sama. Misalnya yang tidak memenuhi syarat adalah calon gubernurnya, maka harus diganti gubernurnya. Tak boleh calon wakilnya diposisikan ke gubernur. Apalagi, sampai merombak susunan partai," pungkasnya. (mer)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group