Pengusaha dan UMKM Lokal Jangan Malu Meniru Cara Sukses Pengusaha Lain

December 30, 2017

Sby, MercuryFM - Meniru bukan sesuatu yang salah dalam pengembangan usaha khususnya UMKM. Apalagi yang ditiru kiat sukses yang berhasil dilakukan oleh seseorang dalam pengembangan usahanya. Sebab banyak pengusaha yang melakukan hal itu untuk kesuksesan usahanya.

 

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menyampailan sambutannya di Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di Pendopo Kanigoro Kabupaten Blitar, Jumat 297 malam.

 

"Tidak usah ragu untuk amati, tiru lalu modifikasi (ATM). Banyak di Surabaya itu pengusaha sukses karena meniru usaha dari negara lain. Kita juga tidak perlu malu menerapkan yang ada di negara lain di desa kita. Yang penting rakyatnya makin sejahtera dan makin makmur," kata Gus Ipul kepada 96 FM Mercury, Jumat (29/12/17).

 

Menurut Gus Ipul, dengan meniru sukses pihak lain yang nantinya di tarik ke wilayahnya oleh pengusaha atau UMKM yang ada. Maka akan berdampak positif pula bagi berkembangnya desa dimana pengusaha atau UMKM berada.

 

"Dengan begitu, para pengusaha atau UMKM itu tidak mencari pekerjaan, tapi justru menciptakan lapangan pekerjaan. Seperti hari ini disajikan ke saya ikan gurami dibungkus besek (anyaman bambu). Karena bungkusnya besek, perlu pengrajin besek, perlu orang yang tanam bambu. Jadi dari pengusaha gurami punya efek Domino" papar Gus Ipul.

 

Gus Ipul dalam kesempatan ini juga menyebut paling kurang terdapat empat tantangan bagi desa yang ingin melesat perkembangannya. 

 

"Pertama, penting sekali kita fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa. SDM aparatur pemerintahan desa dan masyarakat". Kedua, infrastuktur desa. Ketiga kewirausahaan. Pemerintah saatnya menghadirkan lebih banyak pengusaha, selain juga pengembangan ekonomi lokal.

 

"Hal-hal itulah yang menjadi tantangan kita untuk menggerakkan perekonomian dan pengembangan desa," pungkasnya.

 

Sementara itu Bupati Blitar Rijanto membeberkan berbagai potensi di Kabupaten Blitar. Mulai potensi kuliner, alam, produk unggulan dan program aplikasi Amazing Blitar. 

 

"Disaksikan Pak Wagub saya secara resmi membuka aplikasi Amazing Blitar. Aplikasi ini yang akan menuntun masyarakat yang ingin tahu banyak tentang Kabupaten Blitar. Dengan semboyan "Ayo bela dan beli produk Blitar". Semoga aplikasi ini semakin membuat Blitar terkenal tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia Internasional," pungkasnya. (mer)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group