• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

3 KABUPATEN DI JATIM JAMIN AKSES KESEHATAN, SURABAYA BELUM

January 2, 2018

 

Sby, MercuryFM - 3 Kabupeten yang sudah berkomitment  mencapai Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2018. Dengan mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) itu, adalah Kabupaten Jember, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang. Sedangkan Kabupatrn Mojokerto sudah mencapai UHC di tahun 2017.

Bagaimana dengan Surabaya. Sebagai Kota besar, Ibu Kota Propinsi Jatim itu tidak ada dalam daftar daerah yang berkomitment mencapai UHC di tahun 2018 yang dirilis BPJS Kesehatan Deputy Wilayah Jatim. Deputy Direksi Wilayah BPJS Kesehatan Jatim Handaryo berharap kepada kabupaten dan kota agar program yang diatur dalan Instruksi Presiden nomor  8 tahun 2017 itu dapat diimplementasikan dengan baik."Pemerintah Kabupaten dan kota diharapkan supaya mengalokasikan anggaran untuk program JKN-KIS atau mendorong agar warganya menjadi peserta program JKN-KIS" kata Hardoyo.

Komitment UHC merupakan upaya pemerintah Kabupaten atau Kota untuk menjamin akses pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sebesar minimal 95% dari total jumlah penduduk. "Program ini merupakan program strategis pemerintah yang berkelanjutan dengan program integrasi jamkesda dengan JKN-KIS" tambah Hardoyo.

Lebih lanjut kata Hardoyo melalui Inpres nomor 8 tahun 2017 itu, Presiden Jokowi mengintruksikan kepada 11 pimpinan lembaga negara termasuk Bupati dan Walikota untuk mengambil langkah sesuai kewenangannya untuk menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas Program JKN-KIS.

Ditahun 2017, 95% atau 489 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota sudah terintegrasi dalam program JKN-KIS. Sebelumnya 3 propinsi yaitu Aceh, DKI Jakarta, Gorontalo berikut 67 kabupaten dan 24 kota sudah lebih dulu UHC di tahun 2017. Sedangkan 3 propinsi lagi yaitu Jambi, Jawa Barat dab Jawa Tengah, berikut 59 Kabupaten dan 15 kota berkomitment UHC di tahun 2018.(Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags