• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

JUMLAH PENDUDUK MISKIN DIJATIM TURUN

January 4, 2018

Sby, MercuryFM - Badan Pusat Statistik Jatim menyebutkan jumlah penduduk miskin di Jatim tahun 2017 turun dibandingkan tahun 2016. Kepala BPS Jatim Teguh Pramono mengatakan penurunan itu sebesar 0,57%, jumlah penurunan terbanyak selama 7 tahun terakhir.

Jumlah penduduk miskin pada Maret 2017 di Jatim sebanyak 4,62 juta orang. Sedangkan pada September turun sebanyak 211,74 ribu orang, sehingga menjadi 4,41 juta orang atau 11,20 persen dari total jumlah penduduk Jatim.


Masih dari data BPS Jatim menyebutkan kalau penduduk miskin di Jatim terus berkurang selama periode tahun 2011 sampai 2017, dengan rata-rata jumlah penurunannya 140 juta jiwa.


Teguh Pramono menambahkan turunnya jumlah penduduk miskin di Jatim salah satunya disebabkan oleh berhasilnya pengendalian harga barang kebutuhan pokok, sehingga inflasi terkendali. "Dengan begitu uang yang dikeluarkan masyarakat sebagai konsumen tidak banyak" kata Teguh.


Tapi yang patut menjadi perhatian adalah pola konsumsi masyarakat miskin. Dengan pola yang membeli barang secara eceran, membuat uang yang dikeluarkan masyarakat miskin lebih banyak, kalau dibandingkan membeli dengan jumlah banyak. "Misalnya dengan membeli rokok eceran, maka akan lebih mahal harganya kalau membeli satu bungkus" kata Teguh.(Alam)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us