TAHUN POLITIK BANK INDONESIA OPTIMIS PERTUMBUHAN EKONOMI BISA MENINGKAT


Sby, MercuryFM - Tahun 2018 memasuki tahun politik, namun Bank Indonesia menyakini tidak akan banyak mempengaruhi laju perekonomian

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bank Indonesia (BI) Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, mengatakan di Jatim ada optimisme tersendiri bagi pertumbuhan laju perekonomian setiap kali penyelenggaraan Pilgub Jatim. "Tahun kemarin perekonomian Jawa Timur nyatanya memang mengalami perlambatan, hal itu dikarenakan terdapat dua faktor penyebab utamanya yakni, nilai eksor yang turun dan konsumsi yang turun,” kata Difi, di Surabaya Kamis (11/1/2018).

Tahun 2018 ini, Difi memaparkan meski dengan adanya penyelenggaraan pesta politik kepala derah, diyakini akan mampu merangsang bagi perbaikan daya beli masyarakat yang akan mengatrol nilai tingkat konsumsi.

"Sederhana saja, tentu dalam pesta demokrasi, apalagi pada saat masa kampanye, gejalanya pasti akan menghidupkan sektor-sektor konsumtif masyarakat seperti makanan, miuman, hingga industri konveksi, baik skala kecil maupun menegah,"lanjutnya.

Meski tak menyebutkan berapa prediksi perbaikan ekonomi di Jatim pada tahun 2018, Difi berharap dengan pulihnya sektor konsumsi pada masyarakat, maka akan mampu menggairahkan transaksi jual beli pada tataran ekonomi kecil dan menengah.

"Kekuatan ekonomi Jatim sebenarnya terletak pada gairah IKM ataupun UMKM. Sehingga harapan kita ke depan, tingkat konsumtif mayarakat akan kembali pulih dengan aktifnya kegiatan transaksi jual beli. Tinggal tugas pemerintah provinsi bersama stakeholder terkait untuk mejaga stabilitas tingkat inflasi agar tak menghambat daya beli masyarakat,” pungkasnya.(Dani)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group