• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Seluruh Bacagub Dan Bacawagub Jatim Harus Lengkapi Persyaratan Calon

January 17, 2018

Sby, MercuryFM - Seluruh Bacagub dan Bacawagub yang hendak berlaga pada Pilgub Jatim 2018 masih memiliki beberapa persyaratan yang harus di benahi sebagi syarat maju di pilgub jatim. 

 

Hal itu diungkapkan KPU Jatim pada Rapat Pleno Terbuka terkait Pemberitahuan Hasil Penelitian Dokumen Syarat Calon dalam Pilgub Jatim 2018 di Kantor KPU Jatim, Rabu(17/01/2018)

 

Dari hasil verifikasi awal kata Eko, Gus Ipul selaku Bacagub memiliki kekurangan pada dokumen surat keterangan Pengadilan maupun Kepolisian. Sedangkan Puti selaku Bacawagub dari Gus Ipul memiliki kekurangan pada hampir seluruh persyaratan calon yang dibutuhkan.

 

Sementara itu, lanjut Eko, untuk Khofifah sebagai Bacagub harus melengkapi persyaratan calon yang diantaranya adalah laporan SPT tahunan dan keterangan tunggakan pajak. Sedangkan bakal calon wakinya Emil Dardak perlu untuk segera melampirkan borang atau tanda terima pelaporan LHKPN kepada KPK.

 

"Khusus untuk bu Khofifah, Bawaslu Jatim mensyaratkan perlunya penetapan pengadilan karena ada perbedaan nama di ijazah dan KTP yang bersangkutan. Pasalnya, pada ijazah yang dilampirkan hanya tertulis nama Khofifah sedangkan di KTP tercantum Khofifah Indar Parawansa," ujarnya.

Sementara itu terkait dengan hasil tes kesehatan, lanjut Eko, berdasarkan dokumen bernomor 01-TP/I/2018 yang dikeluarkan oleh Tim Pemeriksa Kesehatan RSUD dr Soetomo, seluruh Bacagub dan Bacawagub dinyatakan telah melakukan pemeriksaan/penilaian kemampuan jasmani dan rohani.

 

"Termasuk untuk pemeriksaan/penilaian bebas narkoba dan psikotropika, semua bakal calon telah dinyatakan memenuhi syarat dan tidak ada yang terindikasi narkoba. Dan seluruh hasil pemeriksaan kesehatan tersebut bersifat final dan tidak dapat dilakukan pemeriksaan kembali," jelasnya.

 

Dilanjutkan oleh pria yang juga ketua KPU  kota Surabaya, bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka masing-masing Bacagub dan Bacawagub harus segera memperbaiki persyaratan calon mereka. Masa perbaikan tersebut akan dimulai pada tanggal 18-20 Januari.

 

"Nanti setelah tanggal 20, maka akan mulai kembali masa penelitian sampai tanggal 27. Kalau masih ada yang belum sah, maka calon harus diganti dan proses akan diulang dari awal hingga penetapan calon pada tanggal 12 Februari," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive