• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Tunjuk Idrus Mensos, Signal Dukungan Jokowi Ke Khofifah Dalam Pilgub Jatim

January 19, 2018

Sby,MercuryFM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya kemarin menunjuk Idrus Marham sebagai menteri sosial menggantikan Khofifah Indar Parwansa yang akan maju di pilgub jatim. Pergantian ini disinyalir juga sebagai bentuk konkret dukungan terhadap Khofifah maju di Pilgub Jatim 2018.

 

Pengamat politik Mochtar W Oetomo menyatakan, bahwa dukungan Jokowi terhadap Khofifah di Pilgub Jatim 2018 adalah rahasia umum.

 

“Tanpa itu (pergantian mensos) sebenarnya sudah menjadi rahasia umum bahwa sejak dini Jokowi sudah merestui Khofifah,” kata Mochtar yang juga dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM), kamis (18/01/2018).

 

Bahkan dengan menunjuk Idrus Marham sebagai pengganti Khofifah, maka lanjut Mochtar ini bisa menunjukkan bentuk konkret dukungan tersebut.

 

”Jika kemudian penganti Khofifah adalah Idrus ini menunjukkan bahwa sudah ada pembicaraan sedari awal antara Jokowi, Golkar dan Khofifah,” tandasnya.

 

Direktur Surabaya Survey Center (SSC) ini menambahkan, pergantian ini sesungguhnya membawa makna bahwa Jokowi sudah sepenuhnya merestui dan meminta Khofifah all out untuk Pilgub Jatim. 

 

“Dan yang kedua, dukungan Golkar kepada Emil Dardak (cawagub) terjamin,” pungkas dia.

 

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman menyatakan ada dua faktor yang menguatkan sinyalemen pergantian tersebut merupakan bentuk restu Jokowi.

 

Airlangga menjelaskan, dua faktor yang membuat restu Jokowi turun ke Khofifah itu adalah pertama, kedekatan emosional antara Jokowi dengan Khofifah yang terjalin sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Waktu itu Khofifah terlibat sebagai tim pemenangan Jokowi. Bahkan, Khofifah juga disebut-sebut menjadi salah satu menteri kepercayaan Jokowi.

 

“Bu Khofifah sendiri adalah figur yang menjadi salah satu kepercayaan Pak Jokowi. Kedekatan mereka sudah lama,” terang pria yang biasa disapa Angga ini.

 

Dilanjutkan, faktor kedua, keseriusan Khofifah dalam menghadapi Pilgub Jatim. Ini tercermin dari keberhasilan Khofifah yang mendapat dukungan dari banyak partai politik. Popularitas dan elektabilitas Khofifah sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim juga cukup tinggi.

 

“Artinya RI 1 (Presiden Jokowi) ini melihat bahwa ada keseriusan Ibu Khofifah untuk maju dalam pilgub,” ujarnya. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive