• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Ziarah Ke Syaichona Cholil Bangkalan, Puti Minta Generasi Sekarang Tauladani Para Ulama

January 20, 2018

 

BANGKALAN, MercuryFM - Keberadaan ulama sangat penting bagi keberadaan bangsa ini. Peran ulama tidak bisa dipungkiri sebagai bagian utama dalam terwujudnya negara ini. Sebagai generasi penerus keberadaan ulama harus tetap dijadikan pegangan dan tauladan dalam membangun dan menjaga bangsa ini. 

 

Ini yang ditunjukkan oleh Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno dengan melakukan ziarah ke makam Syaichona Cholil di kompleks Masjid Syaichona Cholil, Desa Martajasah, Bangkalan, Sabtu (20/01/2018). 

 

Mengenakan busana berkerudung merah, Puti yang hadir bersama Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tampak khusyuk berkirim doa untuk ulama besar yang menjadi guru banyak kiai tersebut.

 

“Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan berziarah di makam Syaichona Cholil, berdoa sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan beliau. Ini pesan khusus ayah saya, Pak Guntur, untuk berziarah di sini, karena kita semua tahu bahwa tanpa peran ulama, Indonesia mungkin hanya tinggal cerita masa lalu,” kata Puti.

 

Puti mengatakan, Syaichona Cholil adalah sosok ulama yang rela berkorban untuk umat dan bangsa. Syaichona Cholil juga guru dari banyak ulama besar yang berperan signifikan dalam perjalanan bangsa.

 

“Dari didikan beliau, lahir banyak ulama dan pejuang keIndonesiaan. Keteladanan dan kedalaman ilmu beliau menyebar ke banyak daerah, membentuk kultur di daerah-daerah tersebut menjadi lebih religius, teduh, penuh kebaikan,” ujarnya.

 

Kata Puti, sudah seharusnya keteladanan beliau menjadi pijar bagi kita untuk meneguhkan kerja-kerja gotong royong agar kita semua makin baik, makin maju, makin bermanfaat bagi sesama. Khususnya dalam kebaikan Jatim mendatang.

 

Puti pun mengingat bagaimana kakeknya, Presiden pertama Soekarno, menaruh hormat kepada para kiai, termasuk Syaichona Cholil dengan pesantrennya. 

 

“Karena dari sinilah, kemudian muncul ulama-ulama, termasuk para pendiri NU yang sangat dekat dengan Bung Karno, seperti KH Hasyim Asyari dan KH Abdul Wahab Chasbullah,” katanya.

 

Sebelum berziarah, Puti bersilaturahim terlebih dahulu ke Ponpes Syaichona Cholil. Puti sempat memberikan motivasi di depan ribuan santriwati pondok tersebut. 

 

“Sebagai sesama perempuan, untuk adik-adik santriwati, gantungkan cita-cita setinggi langit. Jangan takut bercita-cita. Kejar, perjuangkan, belajar dan bekerja yang rajin,” pesannya. (mer)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive