PUTI TERHARU DATANGI RUMAH KELAHIRAN BUNG KARNO

January 22, 2018

Sby, MercuryFM - Dalam rangkaian kunjungannya ke Surabaya, Calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Sukarno Putra mendatangi rumah kelahiran kakeknya Bung Karno di Gang Pandean 40 pada Senin 22/01/2017. Kedatangan Puti bersama Wakil Walikota Surabaya sekaligus Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, dan sejumlah fungsionaris PDIP yang menjadi anggota legislatif, disambut ratusan warga setempat dan keluarga Ibu Jamilah selaku pemilik rumah bersejarah itu.

Tidak lama setelah tiba dirumah tersebut Puti terharu. "Alhamdullilah saya masih bisa menginjakkan kaki di rumah kakek saya" kata Puti sambil mengusap air mata haru.

Puti menambahkan tidak banyak yang tahu kalau Bung Karno lahir di Surabaya tepatnya di Gang Pandean. Selama ini banyak masyarakat yang mengetahui kalau Bung Karno lahir di Blitar. "Warga Kampung Pandean harus berbangga kalau disini lahir Bapak Proklamator RI" tegasnya.

Wanita yang menjadi anggota DPR RI itu kembali mengatakan, banyak juga yang hanya mengetahui Bung Karno sebatas Presiden pertama dan Proklamator. "Mereka lupa kalau Bung Karno adalah seorang ideolog. Bung Karno punya ide dan gagasan yang menjadi dasar negara kita Pancasila" tegas Puti. Banyak pemimpin didunia ini, tapi hanya bisa dihitung dengan jari (tidak banyak) seorang pemimpin yang juga seorang ideolog, lanjut Puti.

Puti berharap rumah kelahiran Bung Karno dijadikan sebagai kawasan cagar budaya oleh pemerintah kota Surabaya, karena ada Undang-Undang yang mengaturnya. Kepada Ibu Jamilah dan keluarga  Puti berpesan agar rumah bersejarah ini dijaga dan dirawat sebaik-baiknya.

Berkunjung ke Surabaya, Puti merasa pulang kampung. "Saya memang lahir dan besar di Jakarta, tapi Insyaallah saya dipanggil untuk mengabdikan diri saya dari Jawa Timur" ujar Puti didepan ratusan warga.

Setelah mendatangi rumah kelahiran Bung Karno di Gang Pandean, Puti menyempatkan diri berkunjung ke rumah HOS Tjokroaminoto di JL. Peneleh yang lokasinya tidak jauh dari Gang Pandean. Di rumah itulah Bung Karno sempat ngekost saat bersekolah di HBS. Dan dirumah itu pula Bung Karno banyak menjadi ideolog dari HOS Tjokroaminoto dan beberapa teman satu kostnya yang kemudian menjadi tokoh-tokoh nasional. (alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group