• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

DPRD Jatim Sesalkan Penarikan 1.115 Guru Negeri Ke Swasta Oleh Diknas Jatim

January 25, 2018

 

Sby, MercuryFM - Dinas Pendidikan Propinsi Jatim melakukan tindakan yang dinilai kalangan DPRD Jatim melalui Komisi E meresahkan lembaga pendidikan swasta yang ada di Jatim. 

 

Ini tampak dengan keputusan Dinas Pendidikan Jatim no No 50/36/101.5  tetanggal 3 Januari 2017 berisi himbauan optimalisasi di lingkungan Pemprov Jatim yang menarik 1.115 PNS yang diperbantukan di sekolah swasta untuk kembali bekerja ke sekolah sekolah negeri.

 

Waki Ketua Komisi E DPRD Jatim Sulida'im mengatakan kebijakan ini langkah yang tidak  tepat. Sebab hal ini hanya akan memindahkan Masalah dari pihak negeri ke sekolah swasta. 

 

"Kebijakan semacam ini kan tidak boleh apalagi kemudian dengan terang-terangan Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur mengeluarkan surat  yang menarik 1.115 orang guru negeri yang diciptakan di swasta itu ditarik ke sekolah-sekolah negeri.  Ini kan artinya dinas Pendidikan Jatim  tidak memahami undang-undang nomor 20 tentang sisdiknas,"  jelasnya.

 

Kata Suli urusan pendidikan ini  tidak hanya berfikir pendidikannya di negeri saja. Sebab  negara  semestinya juga memberi perhatian pada swasta. 

 

"Jangan malah kemudian pemerintah ini menarik guru PNS yang ada di swasta. Jika tujuannya hanya untuk melengkapi kekurangan guru yang ada di sekolah negeri, artinya  Pemprov Jatim hanya menyelesaikan satu sisi, namun menimbulkan persoalan baru di sisi lain," tambahnya.

 

Pria yang juga politisi PAN ini menyayangkan dan harus dievaluasi sebab dikhawatirkan akan terjadi instabilitas di dalam pendidikan di sekolah-sekolah swasta. Sehingga pihaknya meminta kebijakan tersebut di batalkan dan mereka tetap mengajat di swasta.

 

"Dalam waktu dekat Komisi E akan panggil dinas Pendidikan untuk memberi penjelasan. Kalau alasan kekurangan guru kenapa tidak mengusulkan perekrutan PNS guru baru. Sebab kalau swasta yang disuruh cari guru baru mereka akan kesulitan. Dan ini bisa mengganggu stabilitas perjalanan pendidikan di Jatim," pungkasnya.(Ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive