• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

ROYOAN TUMPENG BUAH PERINGATI HARI GIZI DAN MAKANAN NASIONAL

January 25, 2018

Sby, MercuryFM - Memperingati Hari Gizi dan Makanan Nasional, Siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya menggelar acara "Royoan Tumpeng Buah Bergizi". Tumpeng yang berisi aneka buah dan sayur sehat, seperti pisang, apel, anggur, jeruk dan sawi itu ditaruh dihalaman sekolah yang dikelilingi ratusan siswa kelas 3. Sebelum berebut tumpeng, para siswa itu mendapatkan penjelasan soal makanan sehat dan berperilaku hidup sehat dari 2 orang ahli gizi RS Mitra Keluarga.

"Kalau tumpeng biasanya berupa nasi dan lauk pauknya, tumpeng kali ini berupa buah yang melambangkan kalau makanan sehat itu mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur" kata Anarofikah Ningsih Uztadzah kelas 3.

Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak tidak jajan diluar, melainkan mengkonsumsi makanan sehat bekal dari rumah, lanjut Ustadzah Anarofikah.

Hari Gizi dan Makanan Nasional diperkenalkan sejak era awal kemerdekaan untuk menginisiasi perbaikan gizi masyarakat. Menteri Kesehatan RI  kala itu J.Leimana meminta Prof.Poerwo mengepalai lembaga penelitian bernama Lembaga Makanan Rakyat  (LMR) yang saat itu disebut Institut Voor Volsvoeding (IVV) untuk mengatasi persoalan gizi masyarakat.

Dari Prof. Poerwo Soedarmo dikenalkan program pola makan 4 sehat 5 sempurna pada tahun 1950an yang dipopulerkan sebagai pola makan sehat sampai sekarang.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive