• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Gus Ipul - Puti Terancam Tidak Bisa Gunakan Gambar Bung Karno Dalam Materi Alat Peraga Kampanyenya

January 27, 2018

 

Sby,MercuryFM - Pasangan cagub cawagub Syaifullah Yusuf  (Gus Ipul) - Puti Guntur Sukarno terancaam tidak bisa menggunakan gambar/foto mantan Presiden pertama Bung Karno maupun Pendiri NU KH Hasyim Asy'ari maupun Tokoh NU lainnya yang sudah meninggal dunia. Seperti yang tampak pada sebagian baliho dan banner pasangan ini yang sudah menyebar di beberapa kota Kabupaten di Jatim. 

 

Hal ini, dikarenakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim mengharamkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim memasang foto bukan pengurus parpol di Alat Peraga Kampanye (APK). Seperti halnya foto kepala negara, pendiri NU, dan Presiden RI pertama.

 

Ini terungkap dalam rapat koordinasi yang digelar di KPU Jatim terkait kampanye dan Alat Peraga Kampanye (APK) yang digelar KPU Jatim di sekertariat KPU Jatim, dihadiri tim kampanye pasangan Gus Ipul - Puti dan pasangan Khofifah Indar Parawansa  - Emil Dardak, Sabtu (27/01/2018)

 

Dalam peraturan KPU di PKPU No.4 tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil bupati, dan/atau Walikota dan Wakil walikota.

 

Dipasal 29 ayat 3 disebutkan, desain dan materi alat peraga kampanye yang difasilitasi oleh KPU provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP kabupaten/kota maupun yang dicetak oleh pasangan calon sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3), dilarang mencantumkan foto atau nama Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dan/atau pihak lain yang tidak menjadi pengurus partai politik.

 

"Rapat ini bersifat koordinasi dan sosialiasasi aturan kampanye ke paslon dan stakeholder terkait, agar KPU mendapatkan masukan terutama saat pemasangan APK,"ujar Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, ditengan rakor tersebut.

 

Eko menjelaskan, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam aturan teknis kampanye. Dalam hal penjelasan soal kampanye ada di PKPU 4 tahun 2017. 

 

"Harapan kami semua yg ada di sini bisa sama-sama mempelajari, karena ada tujuh poin yg penting diperhatikan," ujarnya.

 

Eko juga menjelaskan, setelah penetapan pada tanggal 12 Februari 2018 mendatang tim  paslon Pilgub Jatim 2018 untuk segera menyerahkan desain gambarnya paslonnya ke KPU Jatim. 

 

Sementara itu komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan dalam aturan PKPU 4 tahun 2017. Kampanye yang menfasiltasi KPU yaitu, debat publik dan percetakan hingga pemasangan APK.

 

"KPU tidak akan mendesain gambar paslon Pilgub Jatim 2018 karena desain dari tim paslon. Oleh karena itu untuk pengiriman desain paslon dalam bentuk format corel draw ke KPU Jatim," ujarnya.

 

Ia menambahkan, dalam aturan PKPU 4 tahun 2017 aturan kampanye bahwa APK dilarang menaruh gambar presiden dan Wakil presiden pada desain paslon pilgub Jatim.

 

"Apabila APK yang dicetak KPU kurang, Paslon pilgub Jatim 2018 boleh mencetak sendiri

Kampanye Pasangan calon akan berlangsung sejak 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Dalam tahapan ini seluruh pasangan calon akan menggelar kampanye di tengah masyarakat," pungkasnya. (Ari)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive